LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI MAN YOGYAKARTA 1 Jl. C.Simanjuntak 60 Yogyakarta

Erwin Kurniawati, Erwin Kurniawati (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI MAN YOGYAKARTA 1 Jl. C.Simanjuntak 60 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_ERWIN KURNIAWATI_PEND.MAT_10301241013.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta diwajibkan untuk menempuh mata kuliah wajib sesuai kurikulum yang dicanangkan. Salah satu mata kuliah wajib tersebut adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik yang berkualitas. Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pengabdian diri mahasiswa kepada masyarakat, terutama masyarakat sekolah. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan di MAN Yogyakarta 1. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai sejak tanggal 1 Juli 2014 (tahun ajaran baru 2014/2015). Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, mahasiswa praktikan dibimbing secara langsung oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas X-IIK (Program Ilmu-Ilmu Keagamaan) dan X-IBB (Program Ilmu Bahasa dan Budaya). Dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua setengah bulan di MAN Yogyakarta 1 ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang pendidikan matematika yang diperoleh di bangku perkuliahan. Sehingga dengan pengalaman yang diperoleh selama perkuliahan itu berbagai hambatan dalam pelaksanaan PPL dapat diminimalisir. Akhirnya, penyusun berharap supaya hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan kampus, khususnya LPPMP tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, persiapan, pelaksanaan, evaluasi, hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:19
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37609

Actions (login required)

View Item View Item