ANALISIS JEJARING SOSIAL DENGAN GRAF BERARAH DAN BERBOBOT PADA PT PRODUK REKREASI (KIDS FUN) BAGIAN OPERATOR

Nurcahya, Ikhfan Mida and Emut, Emut and Waryanto, Nur Hadi (2016) ANALISIS JEJARING SOSIAL DENGAN GRAF BERARAH DAN BERBOBOT PADA PT PRODUK REKREASI (KIDS FUN) BAGIAN OPERATOR. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (33kB)
[img] Text
ANALISIS JEJARING SOSIAL DENGAN GRAF BERARAH DAN BERBOBOT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Analisis jejaring sosial adalah suatu teknik untuk mempelajari hubungan atau relasi sosial antar anggota dari sebuah kelompok orang. Hubungan sosial yang akan dianalisis dapat berupa suatu organisasi, komunitas dan perusahaan. Analisis jejaring sosial dilakukan pada PT Produk Rekreasi bagian operator karena PT Produk Rekreasi bergerak dibidang jasa rekreasi yang terbesar di Yogyakarta dan pada bagian operator terdapat banyak karyawan, sehingga hubungan atau koordinasi antar karyawan pun semakin kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis jejaring sosial yang terjadi pada PT Produk Rekreasi bagian operator yang dapat dipergunakan untuk bahan evaluasi dan meningkatkan kinerja karyawan PT Produk Rekreasi bagian operator. Pengambilan data menggunakan kuisioner dan diisi oleh 62 orang yang berstatus sebagai karyawan bagian operator pada PT Produk Rekreasi. Dari 62 kuisioner tersebut kemudian dibuat jejaring sosial dan matrik ketetanggaan yang selanjutnya akan dicari nilai sentralitas (centrality) dan nilai koefisien kluster (clustering coefficient) untuk dianalisis dan mengetahui seberapa besar kontribusi kinerja aktor pada bagian operator. Nilai sentralitas yang dicari meliputi derajat (degree), kedekatan (closeness), keantaraan (betwenness) dan bonacich power (bonacich power). Hasil dari analisis jejaring sosial menunjukkan bahwa jejaring sosial yang terbentuk merupakan hubungan kerjasama antar aktor untuk menjalankan tugas sebagai operator. Berdasarkan sentralitas derajat keluar , aktor yang paling sering membantu temannya dalam mengerjakan tugas adalah A_29, A_58, A_52, A_25, dan A_6. Berdasarkan sentralitas derajat masuk, aktor yang sering dibantu dalam mengerjakan tugas adalah A_29, A_58, A_8, A_61, dan A_48. Berdasarkan sentralitas kedekatan, aktor yang paling mudah berkomunikasi atau paling dekat dengan aktor lainnya adalah A_37, A_29, A_23, A_58 dan A_12. Berdasarkan sentralitas keantaraan, aktor yang paling penting didalam terjalinnya komunikasi antar aktor yang tidak saling kenal adalah A_29, A_37, A_17, A_58, dan A_22. Berdasarkan sentralitas bonacich power, aktor yang paling penting karena memiliki banyak hubungan terhadap aktor yang juga memiliki hubungan yang banyak adalah A_2 A_48, A_8, dan A_61. Berdasarkan koefisien kluster, aktor yang memiliki hubungan kinerja yang paling kuat diantara anggota pada kelompoknya adalah A_3, A_10, A_44, A_55,dan A_56. Kata kunci : analisis jejaring sosial, graf, sentralitas, aktor.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 02 Aug 2016 07:19
Last Modified: 30 Jan 2019 10:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37608

Actions (login required)

View Item View Item