KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SUGESTI-IMAJINASI BERBANTUAN MEDIA VIDEO KLIP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KALASAN, SLEMAN

Antono, Yayan (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SUGESTI-IMAJINASI BERBANTUAN MEDIA VIDEO KLIP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KALASAN, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi FIX.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran sugesti-imajinasi berbantuan media video klip dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran sugesti-imajinasi berbantuan media video klip, dan (2) keefektifan penggunaan model pembelajaran sugesti-imajinasi berbantuan media video klip pada siswa kelas VII SMPNegeri 4 Kalasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah control group pretest postest desaign. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa model pembelajaran sugesti-imajinasi dan variabel terikat berupa kemampuan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPNegeri 4 Kalasan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil undian ditetapkan kelas VII a sebagai kelas kontrol dan kelas VII b sebagai kelas eksperimen. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan ekspert judgement. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes menulis cerpen. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penghitungan uji-t skor postest kelompok eksperimen dan skor postest kelompok kontrol menghasilkan thitung 3,606 dengan df 54 diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,001. Nilai sig. (2-tailed) kurang dari taraf signifikasi 5%. Hasil uji-t tersebut menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan menulis cerpen antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran sugesti-imajinasi berbantuan media video klip dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran sugesti imajinasi berbantuan media video klip. Hasil uji-t skor pretest dan skor postest kelompok eksperimen menghasilkan thitung sebesar 15,319 dengan df 29 dan nilai sig. (2- tailed) 0,000. Nilai sig. (2-tailed) kurang dari taraf signifikasi 5%. Hasil uji-t tersebut menunjukkan model pembelajaran sugesti-imajinasi berbantuan media video klip efektif digunakan pada pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII SMPNegeri 4 Kalasan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:07
Last Modified: 30 Jan 2019 10:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37602

Actions (login required)

View Item View Item