PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGARGOSARI, NGARGOSARI SAMIGALUH KULON PROGO

Dwi Lestari PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGARGOSARI, NGARGOSARI SAMIGALUH KULON PROGO. S1 thesis, FIK.

[img] Text
ABSTRAK 44.doc

Download (32kB)
Official URL: http://www.pjkr_uny.com

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran lompat tinggi siswa kelas V di SD Negeri Ngargosari, Ngargosari, samigaluh, Kulon Progo melalui pendekatan bermain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melibatkan satu variabel, yaitu: meningkatkan hasil pembelajaran lompat tinggi melalui pendekatan bermain. Penelitian dilaksanakan dalam satu siklus dengan tiga kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri Ngargosari, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi bagi guru dan siswa, observasi kemampuan gerak atau psikomotor siswa (awalan, tolakan, melayang, dan pendaratan) dalam pembelajaran lompat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran siswa mengalami peningkatan melalui pendekatan bermain, baik dari sikap maupun kemampuan gerak siswa. Berdasarkan data hasil observasi kemampuan gerak pada pertemuan pertama rata-rata nilai siswa adalah 68,75 meningkat menjadi 78,13 pada pertemuan ketiga. Siswa pada pertemuan ketiga yang mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah 85 %. Kata Kunci : Peningkatan, Lompat Tinggi, Variabel, Penelitian, Instrumen, Observasi, Psikomotor,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:34
Last Modified: 29 Jan 2019 15:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3760

Actions (login required)

View Item View Item