Pengembangan Multimedia Pembelajaran Rias Pengantin Corak Paes Ageng

Tritanti, Asi (2012) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Rias Pengantin Corak Paes Ageng. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-asi-tritanti-07707251007.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menghasilkan produk software multimedia pembelajaran yang layak untuk mendukung pembelajaran rias pengantin corak Paes Ageng; 2) Mengetahui apakah produk yang dihasilkan layak digunakan sebagai sumber belajar; dan 3) Mengetahui apakah produk yang dihasilkan dapat membantu mahasiswa mencapai kompetensi dasar pada materi rias pengantin corak Paes Ageng. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dilakukan dengan menempuh empat tahap yaitu: studi pendahuluan, perencanaan, desain, dan pengembangan. Responden uji coba berjumlah 55 orang, yakni satu orang ahli materi, satu orang ahli media pembelajaran, dan 53 mahasiswa semester VI Program Studi Tata Rias dan Kecantikan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data meliputi analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa kritik, saran dan masukan dari ahli materi, ahli media, dan mahasiswa dihimpun dan disarikan untuk memperbaiki produk yang dikembangkan. Data kuantitatif berupa data ordinal dianalisis menggunakan modus. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (a) Ahli materi menilai aspek kemanfaatan produk kategori sangat baik, dan aspek kualitas materi kategori baik (b) Ahli media menilai aspek keefektifan disain layar untuk performa tampilan, aspek kemudahan pengoperasian, aspek keefektifan navigasi, dan aspek kemanfaatan produk dengan kategori sangat baik. (c) Pengguna yang berjumlah sembilan orang menilai aspek kemudahan produk dioperasikan dan aspek kemenarikan tampilan menurut pengguna sangat baik, serta aspek kemudahan produk untuk dipelajari isinya kategori baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk layak digunakan sebagai multimedia pembelajaran rias pengantin corak Paes Ageng. Implementasi produk multimedia ini dalam pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi dasar mahasiswa yang dibuktikan dengan peningkatan rerata nilai posttest. Kelas yang menggunakan multimedia pembelajaran, dengan jumlah 22 mahasiswa memiliki rerata nilai pretest 43,59 menjadi 80,45, naik sebesar 37,5. Kelas yang tidak menggunakan multimedia pembelajaran, dengan jumlah 22 mahasiswa memiliki rerata nilai pretest 39,95 menjadi 71,95, naik sebesar 32. Perbandingan hasil rerata nilai posttest pada kedua kelas tersebut sebesar 8,5.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, multimedia, pembelajaran rias pengantin corak Paes Ageng
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2016 06:46
Last Modified: 29 Jan 2019 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37598

Actions (login required)

View Item View Item