Evaluasi Program Pembelajaran TIK pada SD di Kabupaten Sumbawa Barat

Hakim, Arif Rahman (2012) Evaluasi Program Pembelajaran TIK pada SD di Kabupaten Sumbawa Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arif-rahman-hakim-10707251003.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran TIK pada SD di Kabupaten Sumbawa Barat, yang meliputi: (1) Konteks: relevansi program pembelajaran TIK; (2) Input: silabus, bahan ajar, media/alat pembelajaran, guru, siswa, sarana prasarana dan kondisi lingkungan pembelajaran; (3) Proses: kesiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar; dan (4) Produk: prestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam (1985) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian adalah guru dan siswa SD yang melaksanakan pembelajaran TIK di Kabupaten Sumbawa Barat. Jumlah sampel 120 siswa ditambah 3 orang guru TIK, terdiri atas 51 orang SDN Goa, 24 orang siswa SDN Dasan Anyar, dan 45 orang siswa SDN 1 Jereweh dan 3 orang guru di tiga SD. Penentuan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah dasar di Kabupaten Sumbawa Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Data kualitatif dianalisis dengan teknik deskriptif, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Validitas instrumen angket siswa dilakukan menggunakan validitas isi dengan menggunakan expert judgement, dilanjutkan dengan validitas konstruk dengan menggunakan korelasi Product Moment karena hanya satu faktor. Reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabiltas siswa sebesar 0,925. Hasil penelitian menunjukkan: (1) dimensi konteks, relevansi program pembelajaran TIK dalam kategori baik; (2) dimensi input menunjukkan silabus, bahan ajar, media/alat pembelajaran, guru, siswa, sarana prasarana, dan kondisi lingkungan pembelajaran termasuk dalam kategori baik; (3) dimensi proses yang terdiri dari kesiapan, pelaksanaan, dan penilaian hasil belajar dalam kategori baik; dan (4) dimensi produk yaitu prestasi siswa aspek kognitif dan psikomotor dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran TIK
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2016 06:35
Last Modified: 29 Jan 2019 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37594

Actions (login required)

View Item View Item