PELATIHAN LESSON STUDY BERBASIS MGMP DI KABUPATEN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

Suratsih, M.Si PELATIHAN LESSON STUDY BERBASIS MGMP DI KABUPATEN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA. INOTEK.

[img] Text
ARTIKEL_PPM_LS_GK.doc

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan PPM ini dimaksudkan untuk : memperkenalkan alternatif model pelatihan bagi guru-guru dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya, meningkatkan kerjasama dan kolaborasi antara Dinas Pendidikan, Universitas, dan Sekolah dalam membangun pendidikan yang berkualitas, dan membangun kesejawatan di antara para guru, baik dengan guru-guru dalam satu sekolah, maupun dengan guru-guru dari sekolah lain dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Lesson Study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community. Lesson study dapat merupakan suatu kegiatan pembelajaran dari sejumlah guru dan pakar pembelajaran yang mencakup 3 (tiga) tahap kegiatan, yaitu perencanaan (planning), implementasi (action/do) pembelajaran dan observasi serta refleksi (reflection/see) terhadap perencanaan dan implementasi pembelajaran tersebut, dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Khalayak sasaran pelatihan Lesson Study ini adalah guru-guru SMP MIPA dan Bahasa Inggris yang tergabung dalam MGMP di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Pada kegiatan saat ini sasaran yang diharapkan sebanyak 20 orang guru. Pelatihan Lesson Study ini dilaksanakan melalui kegiatan sebagai berikut. 1. Penjelasan umum mengenai Prinsip Dasar Lesson Study. 2. Pemutaran rekaman Lesson Study di Jepang dan di Indonesia. 3. Workshop penyusunan perangkat pembelajaran untuk Lesson Study. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok yaitu guru Matematika, guru IPA dan guru Bahasa Inggris. 4. Praktik menyelenggarakan Lesson Study (Open Lesson) di sekolah.. Setiap kelompok melaksanakan pembelajaran, dengan salah satu guru berperan sebagai guru model, guru yang lain sebagai observer. Akhir dari pembelajaran diikuti dengan refleksi terhadap pelaksanaan Lesson Study. Dilihat dari indikator keberhasilnya, maka pelatihan ini telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Pelatihan dihadiri oleh 31 orang guru dari target 20 orang. Pada kegiatan ini juga dihasilkan rencana pembelajaran sebanyak 3 buah yang telah dilakukan pembahasan secara mendalam. Hasil yang lain berupa CD rekaman pelaksanaan Leson Study. Tanggapan peserta pelatihan terhadap kegiatan ini sangat bagus, terbukti semua peserta menyatakan bahwa Lesson Study merupakan suatu bentuk pelatihan yang berbeda dengan pelatihan-pelatihan yang lain. Peserta mengharapkan ada pelatihan lanjutan untuk semakin memperkuat pengalaman yang diperoleh selama pelatihan. Sedang dari Dinas Pendidikan mengharapkan agara pelatihani ini bisa diperluas ke guru-guru lain dan kepala sekolah yang belum mengikuti pelatihan.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 09 Aug 2012 06:48
Last Modified: 02 Oct 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3759

Actions (login required)

View Item View Item