Proses Pembelajaran Program Diploma IV Sekolah Tinggi Multi Media Training Centre dalam Perspektif Kawasan Teknologi Pembelajaran

Arief, Ardian (2012) Proses Pembelajaran Program Diploma IV Sekolah Tinggi Multi Media Training Centre dalam Perspektif Kawasan Teknologi Pembelajaran. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ardian-arief-09707251013.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap implementasi desain pembelajaran, pengembangan media, pemanfaatan media, pengelolaan dan evaluasi pembelajaran di Program Diploma IV yang terdiri dari Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, Program Studi Manajemen Produksi Siaran dan Program Studi Manajemen Teknik Studio Produksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis data menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas kepala bagian kurikulum, kepala bagian akademik, kepala bagian perpustakaan, kepala bagian laboratorium dan studio, dosen dan kepala bagian perlengkapan. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi non-partisipan, analisis dokumen pembelajaran dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, analisis dokumen, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan di Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, Program Studi Manajemen Produksi Siaran dan Program Studi Manajemen Teknik Studio Produksi adalah: desain sistem pembelajaran mengarah pada model ADDIE, satu SKS teori alokasi waktu 50 menit dan satu SKS praktik alokasi waktu empat jam dan tiap jam berdurasi 45 menit, adanya strategi pembelajaran yang bervariasi. Pengembangan teknologi yaitu cetak berupa handbook dan buku panduan akademik, teknologi audio visual berupa gambar, sound dan animasi, teknologi berbasis komputer berupa slide dan teknologi multimedia berupa video tutorial, namun belum dilakukan terkoordinasi dengan baik. Pemanfaatan media yang sudah lengkap dan canggih, adanya difusi inovasi berupa website dan portal akademik, implementasi dan pelembagaan dilakukan oleh bidang-bidang tertentu serta adanya kebijakan regulasi yang terkoordinasi dengan baik. Pengelolaan proyek yang hanya mengelola proyek dalam ruang lingkup perkuliahan, pengelolaan sumber yang baik oleh bidang tertentu, pengelolaan sistem penyampaian dan pengelolaan informasi yang juga terkoordinasi dengan baik. Analisis masalah yang ada berupa beberapa permasalahan pembelajaran, Pengukuran Acuan Patokan (PAP) yang ditetapkan oleh lembaga, penilaian formatif pada pertengahan semester antara pertemuan ke-7 dan ke-8, dan penilaian sumatif yang dilakukan setelah terpenuhi minimal empat belas kali pertemuan, dengan bentuk evaluasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran di program studi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, desain, pengembangan, pengelolaan, pemanfaatan, evaluasi
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2016 06:26
Last Modified: 29 Jan 2019 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37588

Actions (login required)

View Item View Item