Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Prestasi dan Minat Belajar Fisika di SMA Santa Maria Yogyakarta Tahun 2012

Suprono, Andreas (2012) Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Prestasi dan Minat Belajar Fisika di SMA Santa Maria Yogyakarta Tahun 2012. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andreas-suprono-10707251004.swf

Download (893kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap prestasi dan minat belajar fisika kelas X di SMA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen pretest-posttest control group design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas (penggunaan multimedia interaktif) dan variabel terikat (prestasi dan minat belajar). Populasi penelitian adalah semua kelas X di SMA Santa Maria Yogyakarta tahun ajaran 2011-2012. Teknik samplingnya adalah simple random sampling technique. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2011-2012. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes. Instrumen pengumpulan data adalah tes prestasi belajar berbentuk pilihan ganda dan angket minat belajar. Data penelitian ini diambil dari data hasil tes dan non tes, dan dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif fisika terbukti berpengaruh terhadap prestasi dan minat belajar. Secara parsial terbukti bahwa (1) nilai signifikansi hasil uji t pada variabel prestasi sebesar 0,03 < α (0,05) dengan peningkatan rata-rata sebesar 2,31 atau sebesar 7,70%, (2) nilai signifikansi hasil uji t pada variabel minat belajar sebesar 0,006 < α (0,05) dengan peningkatan rata-rata sebesar 18,78 atau sebesar 9,39%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, prestasi belajar, minat
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2016 05:52
Last Modified: 29 Jan 2019 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37586

Actions (login required)

View Item View Item