HUBUNGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI, INTELEGENSI, DAN PERGAULAN SISWA DENGAN PENCAPAIAN PRESTASI KELAS XI SMA NEGERI 1 KALIBAWANG KABUPATEN KULONPROGO TAHUN 2015/2016

Panca Nova Sawunggaluh (2016) HUBUNGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI, INTELEGENSI, DAN PERGAULAN SISWA DENGAN PENCAPAIAN PRESTASI KELAS XI SMA NEGERI 1 KALIBAWANG KABUPATEN KULONPROGO TAHUN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan sekolah yang terletak di antara desa dan kota yang sering menimbulkan persoalan sosial yang tidak menguntungkan bagi proses Belajar Mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kebugaran jasmani, intelegensi, dan pergaulam teman sebaya dengan pencapaian prestasi kelas XI SMA Negeri 1 Kalibawang kabupaten Kulonprogo tahun 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 1 Kalibawang yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah keseluruhan 71 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan keseluruhan jumlah siswa kelas sebelas sebanyak 71 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes TKJI, hasil tes IQ, angket dan nilai raport. Teknik analisis yang digunakan yaitu korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa F-hitung 2,092 lebih besar dari Ftabel 1,99, berarti ada hubungan yang signifikan antara kebugaran, intelegensi, dan pergaulan teman sebaya dengan pencapaian prestasi kelas XI SMA Negeri 1 Kalibawang Kabupaten Kulonprogo tahun 2015/2016. Analisis korelasi ganda disertai dengan harga koefisien determinasi (R 2 ). Koefisien determinasi yang diperoleh adalah 0,086, artinya (0,086 x 100%) = 8,6% naik turunnya prestasi kelas XI SMA Negeri 1 Kalibawang ditentukan oleh kombinasi kebugaran jasmani, intelegensi, dan pergaulan teman sebaya, sisanya 91,4% ditentukan oleh faktor atau variabel lain yang yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kebugaran jasmani, intelegensi, motivasi, pergaulan teman sebaya
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Jul 2016 08:34
Last Modified: 30 Jan 2019 10:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37569

Actions (login required)

View Item View Item