HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN JAUHNYA TENDANGAN DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA PEMAIN PS ROMBERZ BANTUL USIA 16-18 TAHUN

Yudi Purwanta (2016) HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN JAUHNYA TENDANGAN DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA PEMAIN PS ROMBERZ BANTUL USIA 16-18 TAHUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI .pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dikarenakan adanya perbedaan panjang tungkai dan kualitas tendangan pemain PS Romberz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau seberapa besar hubungan antara panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai dengan jauhnya tendangan dalam permainan sepakbola pada pemain PS Romberz Bantul Usia 16-18 Tahun. Penelitian menggunakan desain penelitian metode deskriptif dengan studi korelasional. Subjek penelitian ini adalah pemain PS Romberz Bantul Usia 16-18 Tahun, yang berjumlah 25 pemain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah meteran untuk mengukur panjang tungkai, leg and back dynamometer untuk mengukur kekuatan otot tungkai, (Tim anatomi FIK, 2004: 12), dan kick for distance test dengan bola dan ban ukur 50 meter untuk mengukur jauhnya tendangan, (Harold Marion Barrow, 1983: 281). Teknik analisis yang digunakan yaitu korelasi dan regresi ganda. Hasil penenlitian ini menunjukan bahwa; (1) ada hubungan tetapi tidak signifikan antara panjang tungkai dengan jauhnya tendangan dalam permainan sepakbola pada pemain PS Romberz Usia 16-18 Tahun dengan r hitung 0,268< r tabel 0,396, dengan demikian Ha ditolak; (2) ada hubungan signifikan antara kekuatan otot tungkai dengan jauhnya tendangan dalam permainan sepakbola pada pemain PS Romberz Usia 16-18 Tahun dengan r hitung 0,961> r tabel 0,396, dengan demikian Ha diterima; (3) ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai dengan jauhnya tendangan dalam permainan sepakbola pada pemain PS Romberz Bantul Usia 16-18 Tahun dengan F hitung > dari F tabel 3,44, dengan demikian Ha diterima. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa secara kombinasi panjang tungkai dan kekuatan otot tungkai dengan jauhnya tendangan dalam permainan sepakbola pada pemain PS Romberz Bantul Usia 16-18 Tahun menunjukkan adanya hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, tendangan, sepakbola, pemain 16-18 tahun
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Jul 2016 08:34
Last Modified: 30 Jan 2019 10:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37564

Actions (login required)

View Item View Item