FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR YANG MENGIKUTI EKSTRAKULIKULER BOLAVOLI DI SEKOLAH

Wahyu Agrianto (2016) FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR YANG MENGIKUTI EKSTRAKULIKULER BOLAVOLI DI SEKOLAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WAHYU AGRIANTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pemanfaatan faktor-faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler bola voli yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Kabupaten Magelang yang kurang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Kabupaten Magelang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode survei, dan instrumen yang digunakan yaitu berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Kabupaten Magelang yang berjumlah 75 siswa, sedangkan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu berjumlah 25 siswa dan teknik pengambilan datanya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara keseluruhan faktor-faktor pendukung siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Kabupaten Magelang adalah sedang. Secara lebih rinci, total faktor instrinsik yaitu sebesar 49,05% sedangkan total faktor ekstrinsik yaitu sebsar 50,94%. Kontribusi masing-masing indikator dari kedua faktor tersebut menunjukkan indikator jasmani sebesar 9,99%, indikator psikologi sebesar 25,56%, indikator kelelahan sebesar 13,58%, indikator keluarga sebesar 8,96%, indikator sekolah sebesar 27,13% dan disusul indikator masyarakat sebesar 14,85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor pendukung siswa SMK Muhammadiyah 1 Borobudur dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor pendukung, Siswa, Ekstrakurikuler, Bola voli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Jul 2016 08:34
Last Modified: 30 Jan 2019 10:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37559

Actions (login required)

View Item View Item