EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN PADA HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN BETON PRACETAK SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI

Hidayat, Yayan (2016) EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN PADA HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN BETON PRACETAK SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Yayan Hidayat 08505244001.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui power point pada hasil belajar kognitif XII jurusan teknik konstruksi Penelitian mengambil tempat di SMK Negeri 2 Kebumen Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton. Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen (Eksperimental Research point dan variabel Y adalah hasil belajar kognitif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII TKBB yang seluruhnya berjumlah 65 siswa. Data diambil dengan menggunakan metode desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih, kemudian diberi awal (pretest) untuk mengetahui keadaan awal (posttest) pada akhir pertemuan. Validitas instrumen butir soal dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi reliabilitas menggunakan rumus butir soal juga dihitung. Pengujian hipotesis dengan analisis Test), yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Masih belum dimanfaatkan secara maksimal power point telah disediakan oleh pihak sekolah media power point lebih tinggi yaitu seb yang tidak menggunakan media perbedaan nilai hasil belajar kognitif power point dengan kelas yang tidak menggunakan dibuktikan dengan dilakukannya 0,045 < 0,05 yang terjadi karena terdapat perlakuan/ kedua kelas; (4) Terjadi peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dilihat dari nilai selisih power point dengan kelas yang tidak menggunakan media selisih tersebut diketahui bahwa point lebih besar yaitu 19 media power point yaitu sebesar 16 Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Media Power Point. vii POWER POINT BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 KEBUMEN Oleh : YAYAN HIDAYAT 08505244001 ABSTRAK efektifitas media mata pelajaran beton pracetak onstruksi batu dan beton SMK Negeri 2 Kebumen Research) dengan variabel X adalah penggunaan media Pre test-Post test Control Group Design. t soal kemampuan dan soal kemampuan akhir Pearson Product Moment Cronbach Alpha, selain itu tingkat kesukaran uji t ), dan media pembelajaran (LCD dan proyektor) yang an sekolah; (2) Nilai rata-rata kelas yang menggunakan sebesar 81,02, dibandingkan dengan kelas power point yaitu sebesar 76,83 an antara kelas yang menggunakan media media power point posttest dan nilai signifikansi (2 treatment yang berbeda an pretest-posttest antara kelas yang menggunakan media power point selisih kelas yang menggunakan media u 19,66 dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan 16,50. pembelajaran eton siswa kelas ebumen. ) power ost Dalam dan uji , (One Sample t- 02, 83; (3) Terdapat point, 2-tailed) sebesar antara dapat point. Dari power 66

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jul 2016 03:39
Last Modified: 30 Jan 2019 10:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37552

Actions (login required)

View Item View Item