PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, PERGAULAN SISWA, DAN BIMBINGAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH TERHADAP KETEKUNAN BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN YOGYAKARTA

Sari, Wika Mustika (2016) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, PERGAULAN SISWA, DAN BIMBINGAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH TERHADAP KETEKUNAN BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Wika Mustika Sari 09505244038 A.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, PERGAULAN SISWA, DAN BIMBINGAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH TERHADAP KETEKUNAN BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN YOGYAKARTA Oleh: Wika Mustika Sari NIM. 09505244038 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh perhatian orang tua, pergaulan siswa, dan bimbingan belajar siswa di sekolah terhadap ketekunan belajar siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan Yogyakarta; dan (2) tingkat perhatian orang tua, pergaulan siswa, bimbingan belajar di sekolah, dan ketekunan belajar siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan pada tabel Krejcie dan Morgan dengan mengambil tingkat kesalahan α sebesar 5%. Jumlah sampel diambil secara simple random terhadap populasi yang bersangkutan. Sampel dipilih secara acak, dengan cara tersebut diperoleh jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan analisis regresi linier metode enter dengan bantuan program SPSS V. 19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap ketekunan belajar siswa kelas XI TGB SMK N 1 Seyegan (p < 0,05); (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pergaulan siswa terhadap ketekunan belajar siswa kelas XI TGB SMK N 1 Seyegan (p < 0,05); (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar siswa di sekolah terhadap ketekunan belajar siswa kelas XI TGB SMK N 1 Seyegan (p < 0,05); dan (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua, pergaulan siswa, dan bimbingan belajar siswa di sekolah terhadap ketekunan belajar siswa kelas XI TGB SMK N 1 Seyegan (p < 0,05); dan (5) tingkat perhatian orang tua = 73,09%; pergaulan siswa = 76,66%; bimbingan belajar di sekolah = 71,87%; dan ketekunan belajar siswa = 74,05%. Kata kunci : Perhatian Orang Tua, Pergaulan Siswa, Bimbingan Belajar, Ketekunan Belajar, Siswa SMK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jul 2016 03:30
Last Modified: 30 Jan 2019 10:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37547

Actions (login required)

View Item View Item