ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOMPETENSI DRAPING DITINJAU DARI STANDAR PROSES DI SMK SYAFI’I AKROM KOTA PEKALONGAN

Asmara, Suci Makiyah (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOMPETENSI DRAPING DITINJAU DARI STANDAR PROSES DI SMK SYAFI’I AKROM KOTA PEKALONGAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Suci Makiyah Asmarani 06513241023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOMPETENSI DRAPING DITINJAU DARI STANDAR PROSES DI SMK SYAFI’I AKROM KOTA PEKALONGAN Oleh Suci Makiyah Asmara 06513241023 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian : 1) perencanaan pembelajaran; 2) pelaksanaan pembelajaran; 3) penilaian pembelajaran kompetensi draping di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan ditinjau dari standar proses pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan penilaian hasil belajar. Populasi dari penelitian ini adalah 40 orang siswa kelas XI program studi busana butik SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan. Penelitian ini termasuk penelitian populasi yang menggunakan semua anggota populasi sebagai sampel. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket/kuesioner. Validitas intrumen diujikan untuk mengukur variable standar proses kepada SMK lain dengan memperhatikan karakteristik yang sama dan hasil angket dianalisis dengan korelasi product moment dengan hasil 44 butir soal dinyatakan valid. Reliabilitasnya dihitung menggunakan rumus Alhpa Crobach dan diperoleh hasil sebesar 0,972. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) perencanaan pembelajaran kompetensi draping di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan terlaksana dengan presentase sebesar 47,5 % sehingga kurang baik (kurang sesuai) dengan standar proses pembelajaran; 2) pelaksanaan pembelajaran kompetensi draping di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan terlaksana dengan presentase sebesar 52,5 % sehingga kurang baik (kurang sesuai) dengan standar proses pembelajaran; 3) penilaian pembelajaran kompetensi draping di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan terlaksana dengan presentase sebesar 50% sehingga kurang baik (kurang sesuai) dengan standar proses pembelajaran. Kata Kunci: Standar proses, pelaksanaan pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jul 2016 03:17
Last Modified: 30 Jan 2019 09:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37543

Actions (login required)

View Item View Item