KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL TEKS EKSPLANASI BERDASARKAN TAKSONOMI THE STRUCTURE OF THE OBSERVED LEARNING OUTCOME PADA SISWA KELAS XI SMA

Deny Saputri, Alvionita (2016) KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL TEKS EKSPLANASI BERDASARKAN TAKSONOMI THE STRUCTURE OF THE OBSERVED LEARNING OUTCOME PADA SISWA KELAS XI SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALVI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa kelas XI SMA dalam menyelesaikan soal teks eksplanasi berdasarkan taksonomi the Structure of the Observed Learning Outcome (SOLO) pada level unistruktural, multistruktural, relasional, dan abstrak yang diperluas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 62 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman teks eksplanasi yang berupa soal pilihan ganda sejumlah 40 butir. Uji validitas instrumen meliputi validitas isi dan konstruk. Uji validitas menggunakan expert judgment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha cronbach yang dihitung dengan program iteman, hasil yang diperoleh sebesar 0,827. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal teks eksplanasi berdasarkan taksonomi SOLO pada level unistruktural berada pada kategori sangat menguasai. Pada level multistruktural, relasional, dan abstrak yang diperluas berada pada kategori kurang menguasai. Dengan kata lain, siswa mampu menggunakan satu penggal informasi dalam merespon suatu pertanyaan dengan sangat baik. Namun, siswa belum cukup baik dalam menggunakan dua informasi atau lebih dan terpisah yang sudah termuat dalam teks soal, memadukan penggalan-penggalan informasi yang terpisah untuk menghasilkan penyelesaian dari suatu pertanyaan, dan menghasilkan prinsip umum dari data terpadu yang dapat diterapkan untuk situasi baru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:07
Last Modified: 30 Jan 2019 09:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37534

Actions (login required)

View Item View Item