Pengembangan Media Layanan Informasi Kelanjutan Studi Berbasis Komputer (MLIKS-BK)

Marey, Agung Nugroho (2011) Pengembangan Media Layanan Informasi Kelanjutan Studi Berbasis Komputer (MLIKS-BK). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agung-nugroho-marey-07707251019.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Layanan Informasi Kelanjutan Studi Berbasis Komputer (MLIKS-BK). Media yang dikembangkan memiliki karakteristik: (1) bersifat informatif; (2) mudah untuk dioperasikan dan (3) terdapat hyperlink dengan internet untuk menambah sumber informasi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan MLIKS-BK ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: analisis kebutuhan, desain, produksi, evaluasi, dan revisi. Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi (Dr. Suwarjo) dan ahli media (Dr. Mukminan). Selanjutnya, produk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu uji coba satu lawan satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Subjek uji coba produk adalah siswa SMA Negeri 1 Biak Kota, Numfor, Provinsi Papua. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, tes, dan observasi. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk dan saran dari para ahli digunakan sebagai dasar untuk merevisi produk untuk. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian validasi ahli media menunjukkan bahwa kualitas MLIKS-BK aspek tampilan sangat baik dengan skor 4,44, aspek pemrograman sangat baik dengan skor 4.75, sedangkan ahli materi menilai kualitas MLIKS-BK apek kualitas materi sangat baik dengan skor 4,44, untuk aspek isi sangat baik dengan skor 4.75. Hasil uji coba perorangan menunjukkan bahwa penilaian siswa mengenai kualitas MLIKS-BK yang dikembangkan ini adalah sangat baik dengan skor rata-rata 4,23. Aspek kualitas tampilan produk memiliki rerata skor 4,24 (sangat baik), aspek penyajian produk 4,22 (sangat baik). Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa penilaian siswa mengenai kualitas MLIKS-BK yang dikembangkan ini adalah baik dengan skor rata-rata 4,11. Aspek kualitas tampilan produk memiliki rerata skor 3,95 (baik), aspek penyajian produk 4,27 (sangat baik). Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa penilaian siswa mengenai kualitas MLIKS-BK yang dikembangkan ini adalah baik dengan skor rata-rata 4,13. Aspek kualitas tampilan produk memiliki rerata skor 3,94 (baik), aspek penyajian produk 4,32 (sangat baik). Hasil observasi ketertarikan siswa pada MLIKS-BK 80% atau sebanyak 24 orang menyatakan tertarik dan 20% atau sebanyak 6 siswa tidak memiliki ketertarikan dengan MLIKS-BK tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media layanan, informasi kelanjutan studi
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2016 01:25
Last Modified: 29 Jan 2019 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37508

Actions (login required)

View Item View Item