LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 WATES

Ratri Esti Wisnu Aji, Ratri Esti Wisnu Aji (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER,PENGESAHAN,ABSTRAK, DLL.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_BAB II_BAB III.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu matakuliah yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Berlokasi di Jl. KH Wahid Hasyim, Bendungan, Wates, Kulon progo, PPL dimulai tanggal 2 Juli 2014 dan berakhir 17 September 2014. Tujuan dari kegiatan PPL yaitu sebagai sarana dalam membentuk calon guru atau tenaga pendidik yang profesional. Kegiatan yang dilakukan selama PPL yaitu pembuatan perangkat pembelajaran, praktik mengajar, dan pengelolaan kelas serta evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Sebelum melaksanakan praktik mengajar, terlebih dahulu dilakukan observasi kelas, yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kelas, baik dari siswanya maupun lingkungannya. Selain itu, sebelum melakukan praktik mengajar di kelas, perlu dipersiapkan terlebih dahulu silabus, RPP, materi pembelajaran, media pembelajaran dan lain-lain. Dalam melakukan praktik mengajar di kelas, mahasiswa diberikan kesempatan oleh guru pembimbing untuk hanya mengajar kelas IXC. Dengan kegiatan tersebut pengalaman dan wawasan yang diperoleh mahasiswa dalam dunia mengajar lebih luas. Pelaksanaan waktu praktik mengajar disesuaikan dengan jadwal mengajar guru pembimbing dengan alokasi waktu pembelajaran mata pelajaran Matematika yaitu 6 x 40 menit setiap minggunya. Hasil dari kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman nyata yaitu pengalaman mengajar di dalam kelas dan mengelola kelas, pengalaman dalam pembuatan perangkat pembelajaran, pengalaman dalamm pelaksanaan evaluasi pembelajaran, serta pengalaman dalam menjalin komunikasi yang baik dengan pihak-pihak yang terkait misalnya dengan bapak/ibu guru serta karyawan sekolah. Ada berbagai macam kendala yang terjadi selama kegiatan PPL berlangsung. Namun semuanya masih dapat diatasi dan diselesaikan dengan baik. Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan, demi kelancaran kegiatan PPL. Komunikasi antara mahasiswa dengan pihak LPPMP perlu ditingkatkan, agar informasi yang disampaikan kepada mahasiswa dapat diterima dengan baik dan jelas. viii Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL 2014 sudah terlaksana dengan baik. Hal ini tidak terlepasdari adanya kerjasama yang baik dari berbagai pihak yaitu LPPMP, Dosen Pembimbing Lapangan, mahasiswa, guru dan karyawan SMPN 2 Wates, maupun siswa SMPN 2 Wates

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMPN 2 Wates, Pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2016 01:12
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37502

Actions (login required)

View Item View Item