EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SMK KESEHATAN CITRA SEMESTA INDONESIA

Musafaah, Gusti (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SMK KESEHATAN CITRA SEMESTA INDONESIA. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 09401241042.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode numbered heads together (NHT) sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PKn di SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik Purposive Sampling untuk memilih dua kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas yang dijadikan sebagai subjek penelitian adalah kelas XI Keperawatan sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Farmasi sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam perlakuannya dengan menggunakan metode numbered heads together (NHT). Instrumen penelitian dengan menggunakan validitas isi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan thitung 2,050>ttabel 2,010 dalam taraf signifikan 5%. Dengan demikian kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan dengan metode numbered heads together (NHT) memiliki skor rerata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dalam pembelajaran tidak menggunakan metode numbered heads together (NHT). Hal ini dapat diartikan bahwa pembelajaran menggunakan metode numbered heads together (NHT) lebih efektif atau lebih dapat meningkatkan minat belajar siswa dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan metode numbered heads together (NHT). Kata Kunci: Efektivitas Metode Numbered Heads Together (NHT), Minat Belajar Siswa, PKn.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 26 Jul 2016 00:50
Last Modified: 30 Jan 2019 09:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37492

Actions (login required)

View Item View Item