LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI 3 YOGYAKARTA

RIRIN ANDRIYANI, RIRIN ANDRIYANI (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL-RIRIN-PDF.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Kegitaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa kependidikan UNY. PPL merupakan salah usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran. Praktik ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa calon guru atau tenaga kependidikan berdasarkan pengalaman riil di lapangan. Selain itu kegiatan PPL ini juga dapat bermanfaat untuk berbagai pihak, yaitu untuk sekolah tempat praktik, mahasiswa maupun pihak universitas. Bagi mshasiswa, PPL dapat menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah atau lembaga. Bagi pihak sekolah, kegiatan ini merupakan suatu kesempatan sekolah untuk ikut andil dalam menyiapkan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Sedangkan untuk pihak universitas kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk umpan balik dari sekolah atau lembaga guna pengembangan kurikulum. Dengan demikian kegiatan ini merupakan kegiatan yang saling menguntungkan (simbiosis mutualise) bagi berbagai pihak. SMK PIRI 3 Yogyakarta berlokasi di Jl. MT Haryono No. 23 Pugeran Yogyakarta. SMK ini memiliki potensi yang cukup baik ditinjau dari sarana prasarana maupun sumber dayanya. SMK PIRI 3 Yogyakarta memiliki tiga program keahlian, yaitu Akuntansi, Administrasi Perkantoran, dan Multimedia. Berdasarkan observasi dan anlaisis siatuasi yang dilakukan di SMK PIRI 3 Yogyakarta, disimpulkan bahwa kondisi sekolah secara keseluruhan baik dari segi fisik, potensi siswa, guru dan karyawan, serta fasilitas atau sarana prasarana yang ada di sekolah. Oleh karena itu mahasiswa praktikan kemudian merancang kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK PIRI 3 Yogyakarta. Rancangan kegiatan meliputi persiapan berupa observasi, konsultasi dengan guru pembimbing, dan persiapan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sedangkan dalam pelaksanaan mahasiswa melaksanakan praktik mengajar dan evaluasi praktik mengajar bersama guru pembimbing. Dalam persiapan dan pelaksanaan praktik, mahasiswa mendapat bimbingan, masukan dan arahan mengenai proses pembelajaran di kelas yang baik. Pengalaman praktik mengajar praktikan dilaksanakan dengan 9 kali mengajar di dalam satu kelas dan satu mata pelajaran, yaitu mate pelajaran dasardasar perbankan. 9 kali tatap muka tersebut terdiri dari 1 kali tatap muka untuk materi hakekat bank, 2 kali tatap muka untuk materi kegiatan-kegiatan bank, 2 kali tatap muka untuk materi badan hukum, kerahasiaan dan sumber-sumber dana bank. Serta 3 kali tatap muka untuk materi jasa giro, bunga tabungan, bunga deposito dan perhitungannya. Kegiatan PPL merupakan kegiatan yang memberi keuntungan bagi berbagai pihak, yaitu mahasiswa praktikan, pihak sekolah dan pihak universitas. Untuk mahasiswa praktikan rangkaian kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan telah memberikan banyak pengetahuan, pemahaman dan pengalaman mengenai bagaimana menjadi guru yang profesional. Diharapkan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) selanjutnya dapat lebih baik dengan adanya peningkatan kerjasama dan koordinasi dari pihak-pihak terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2016 00:47
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37490

Actions (login required)

View Item View Item