Hubungan Penguasaan Materi Bidang Hukum Pada Mata Pelajaran pendidikan Kewarganegaraan dengan Sikap Disiplin Berlalu Lintas Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Depok

Wibowo, Fatwa Ardi (2016) Hubungan Penguasaan Materi Bidang Hukum Pada Mata Pelajaran pendidikan Kewarganegaraan dengan Sikap Disiplin Berlalu Lintas Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Depok. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12401241044m.swf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Full 12401241044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan materi bidang hukum dengan sikap disiplin berlalu lintas siswa kelas VII SMP Negeri 4 Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah penguasaan materi bidang hukum yang diberi simbol X dan sikap disiplin berlalu lintas yang diberi simbol Y. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Depok yang berjumlah 127 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 75% atau 95 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi yaitu mengambil dari nilai ujian dari mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Kompetensi Dasar 1.2 dan 1.3 dalam materi hukum untuk variabel penguasaan materi bidang hukum, dan menggunakan angket untuk variabel sikap disiplin berlalu lintas. Uji validitas terhadap kedua instrumen tersebut menggunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas instrumen angket menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas sampel menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan materi bidang hukum dengan Sikap disiplin berlalu lintas pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 depok. Nilai r hitung sebesar 0,229 dengan probabilitas sebesar 0,026 dan koefisien determinasi 5,24%. Dari 95 siswa yang diteliti, tingkat penguasaan materi hukum siswa dalam kategori sangat tinggi ada 30 anak (31,58%), kategori tinggi ada 49 anak (51,57%), kategori sedang ada 16 anak (16,85%), kategori rendah ada 0 anak (0%), dan pada kategori sangat rendah ada 0 anak (0 %). Sedangkan tingkat disiplin berlalu lintas siswa dalam kategori sangat tinggi ada 4 anak (4,21%), kategori tinggi ada 51 anak (53,68%), kategori sedang ada 39 anak (41,05 %), kategori rendah ada 1 anak (1,06%), dan pada kategori sangat rendah ada 0 anak (0%). Kata kunci: Penguasaan Materi Hukum, Sikap Disiplin Berlalu Lintas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 26 Jul 2016 00:47
Last Modified: 30 Jan 2019 09:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37489

Actions (login required)

View Item View Item