LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI 3 YOGYAKARTA

MARYATI, MARYATI (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP PPL INDV MARYATI.PDF

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dilakukan mahasisiwa khususnya prodi pendidikan untuk melaksanakan praktik mengajar di sekolah secara langsung. kegiatan PPL ini dilakukan di sekolahsekolah yang berada di Provinsi Yogykarta maupun di daerah sekitar Yogyakarta, seperti Kota Magelang dan Purworejo. Melalui kegiatan PPL ini diharapkan memberikan pengalaman kepada mahasiswa pendidikan untuk belajar menjadi seorang tenaga kependidikan yang profesional terutama dalam mengajar di jelas. Selain itu, diharapkan mahasiswa dapat memperluas pengetahuan, ketrampilan dan dapat mengembangkannya dalam sesuai dengan bidang yang diampunya. SMK PIRI 3 Yogyakarta memiliki 3 Kompetensi keahlian, yaitu Akuntansi, Adminitrasi Perkantoran, dan Multimedia, dimana jumlah siswa secara keseluruhan mencapai 146 peserta didik. Berdasarkan anlaisis siatuasi yang dilakukan pada SMK PIRI 3 Yogyakarta terhadap kondisi sekolah secara keseluruhan baik dari fisik, potensi siswa, guru dan karyawa, serta fasilitas yang disediakan sekolah maka mahasiswa kemudian merancang kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK PIRI 3 Yogyakarta yang terkait dengan kebutuhan pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Pengetahuan tidak hanya diberikan terkait mengenai pelaksanaan pembelajaran di kelas, namun juga mengenai penyusunan administrasi guru yang lengkap, baik, dan sesuai peraturan yang berlaku. Pengalaman Praktik mengajar praktikan terlaksana dengan 8 kali mengajar di 1 jenjang kelas. Mahasiswa mengajar 8 kali tatap muka di kelas XI untuk Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Praktik mengajar yang mahasiswa lakukan ditunjang dengan penggunaan metode serta media pembelajaran yang berbeda guna mengaktivkan siswa dalam belajar. Seluruh rangkaian kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah praktikan laksanakan telah memberikan banyak pengalaman serta pengetahuan mengenai menjadi guru yang profesional yang senantiasa menjunjung kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Diharapkan program PPL UNY yang setiap tahun dilaksanakan akan semakin baik dengan prosedur serta pembagian kuota serta kebutuhan mahasiswa di sekolah yang lebih adil dan merata.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jul 2016 00:38
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37482

Actions (login required)

View Item View Item