LAPORAN PPL INDIVIDU “KEBIJAKAN PENERAPAN KUOTA DALAM PENERIMAAN SISWA BARU SMA DI KOTA YOGYAKARTA”

RAZANUL FIKRI, RAZANUL FIKRI (2014) LAPORAN PPL INDIVIDU “KEBIJAKAN PENERAPAN KUOTA DALAM PENERIMAAN SISWA BARU SMA DI KOTA YOGYAKARTA”. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN KUOTA LPPM.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2012, pembagian prosentase kuota penerimaan siswa baru di kota Yogyakarta terbagi menjadi 70% untuk siswa yang berasal dari penduduk kota Yogyalkarta sendiri, 25% siswa berasal dari penduduk provinsi, dan 5% untuk siswa dari luar kota dan luar provinsi. Jumlah kuota yang berlaku saat ini menyebabkan banyaknya peserta didik warga kota Yogyakarta yang tidak dapat ditampung belajar di wilayah kota Yogyakarta sendiri. Dari penelitian yang telah dilakukan, masih terdapat 3000 anak warga kota Yogyakarta yang saat ini harus belajar di wilayah lain, seperti Sleman atau Bantul. Kondisi tersebut berimbas pada sulitnya distribusi bantuan yang disalurkan pemkot Yogya melalui UPT Jaminan Pendidikan Daerah. Namun dari sudut pandang lain, pendidikan yang bersifat universal seharusnya tidak membatasi kesempatan belajar siswa berdasarkan angka. Yogyakarta sebagai kota pendidikan harus memberikan ruang lebih bagi pelajar dari luar kota Yogyakarta, hal ini nantinya akan menambah interaksi siswa multi etnik yang tentunya akan menambah khasanah pembelajaran siswa. Program ini dilatorbelakangi oleh polemik yang masih berlanjut hingga saat ini mengenai ideal atau tidaknya besaran kuota yang telah ditentukan. Dari hasil kegiatan Analisis Kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) TA 2014/2015 diperoleh rekomendasi berupa saran antara lain Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta sebagai lembaga primer yang mengatur mengenai pendidikan di Kota Yogyakarta harusnya lebih bijaksana dalam menentukan kebijakan yang tidak hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu semata, contohnya dalam kebijakan penerapan kuota. Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta harus berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Kota Yogyakarta untuk menghasilkan suatu kebijakan kuota yang win-win solution.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kuota, Universal, Kesempatan Belajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 08:56
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37477

Actions (login required)

View Item View Item