LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PPL UNY) DI SMP NEGERI 5 WATES

Trisna Yulianti, Trisna Yulianti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (PPL UNY) DI SMP NEGERI 5 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I, II, III.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Praktek pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 UNY program kependidikan karena orientasi utamanya adalah kependidikan. Dalam kegiatan ini, akan dinilai bagaimana mahasiswa praktikan mengaplikasikan segala ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama di bangku kuliah ke dalam kehidupan sekolah. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. SMP Negeri 5 Wates merupakan lokasi praktikan dalam melaksanakan kewajiban PPL. Kegiatan PPL yang dilaksanakan yaitu: praktik pembelajaran diseluruh kelas VII, pembuatan media pembelajaran, pembuatan administrasi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing dan DPL-PPL serta pembuatan laporan PPL. Selama pembelajaran berlangsung, terdapat beberapa kendala yang dialami praktikan, diantaranya: siswa yang sulit dikondisikan, serta sarana dan prasarana yang belum memadai khususnya pada perangkat LCD dan proyektor. Tetapi semua kendala tersebut dapat diatasi dengan penggunaan metode pembelajaran aktif, penggunaan media pembelajaran yang menarik, pengalokasian waktu untuk persiapan mengajar yang lebih banyak, dan penerapan kontrak belajar yang tepat. Selama mendampingi pembelajaran di kelas VII, banyak terdapat pesan-pesan yang didapatkan, diantaranya: Pembelajaran IPS sangat memerlukan kreatifitas guru. Pembelajaran yang monoton, media yang tidak menarik membuat siswa malas, ditambah dengan materi yang banyak. Pembuatan administrasi yang dilakukan guru sangat menyita waktu, oleh karena itu diperlukan pembagian waktu yang baik sehingga kreatifitas guru dalam merancang pembelajaran tidak terhambat akibat administrasi yang menyita waktu. Semua rangkaian kegiatan PPL merupakan bentuk pengabdian praktikan setelah memperoleh ilmu di perguruan tinggi. Praktikan telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Program PPL memberikan manfaat tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi juga untuk sekolah

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 08:52
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37476

Actions (login required)

View Item View Item