LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIT LOKASI SMK MUHAMMADIYAH 3 KLATEN TENGAH TAHUN AKADEMIK 2014/2015

Siti Afwin Kinasih, Siti Afwin Kinasih (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIT LOKASI SMK MUHAMMADIYAH 3 KLATEN TENGAH TAHUN AKADEMIK 2014/2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVERLAPORAN.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI LAPORAN.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Praktik Penglaman Lapangan (PPL) merupakan suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan. Salah saru lokasi yang ditunjuk oleh Universitas Negeri Yogyakarta adalah SMK Muhammadiyah 3 Klaten Tengah, Klaten. Kegiatan PPL merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai wujud pengabdian mahasiswa kepada sekolah atau lembaga masyarakat sekaligus untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki. Kegiatan yang dilakukan adalah observasi lingkungan pembelajaran, bimbingan dengan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) dan guru pembimbing, kegiatan praktik mengajar, pembuatan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, analisis hasil evaluasi, dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangka Praktik Pengalaman Lapangan di SMK Muhammadiyah 3 Klaten Tengah. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 2 juli 2014 sampai dengan 17 September 2014 di SMK Muhammadiyah 3 Klaten Tengah. Selama praktik mahasiswa diberi kepercayaan untuk mengampu kelas X Bersama (Akutansi, Administrasi Perkantoran, Keperawatan 1 dan 2), kelas XI Administrasi Perkantoran, kelas XI Keperawatan 1, kelas XII Administrasi Perkantoran dan kelas XII Keperawatan 1 di bawah bimbingan Ibu Retno Sulistyani, S.Pd. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan prodi masing-masing. Selain itu, mahasiswa juga memperoleh pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang selanjutnya sangat berguna bagi praktikan untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidikn yang professional, memiliki nilai, sikap, dan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 08:38
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37471

Actions (login required)

View Item View Item