PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR MATERI PENCAK SILAT UNTUK PEMULA BERBASIS ANDROID

Muhammad Rifqi Aljabar (2016) PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR MATERI PENCAK SILAT UNTUK PEMULA BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
FILE BURNING OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi buku sebagai sumber belajar tentang materi pencak silat kurang menarik karena hanya menyajikan gambar diam, maka diperlukan pengembangan yang lebih menarik dan bisa digunakan kapan saja. Penelitian ini bertujuan menghasilkan aplikasi sumber belajar materi pencak silat untuk pemula berbasis android Metode dalam penelitian ini adalah research and development. Penelitian ini diujicobakan kepada siswa SMP N 3 Kalasan Sleman dengan sampel 15 siswa pada uji coba kelompok kecil dan 30 siswa untuk uji coba kelompok besar. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner terbuka dan tertutup. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif. Hasil menunjukkan kualitas sumber belajar materi pencak silat untuk pemula berbasis android yang dikembangkan menurut ahli materi mendapatkan skor 4,90, menurut ahli media mendapatkan skor 4,80, dari siswa SMP N 3 Kalasan pada uji coba kelompok kecil mendapatkan skor 4,31, selanjutnya penilaian uji coba kelompok besar mendapatkan skor 4,46, dan keseluruhan skor tersebut masuk kriteria “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan kualitas sumber belajar materi pencak silat berbasisi android tersebut dalam kriteria “sangat baik” dan dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, sumber belajar, pemula, android. pencak silat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jul 2016 08:21
Last Modified: 30 Jan 2019 09:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37460

Actions (login required)

View Item View Item