LAPORAN INDIVIDU Praktek Pengalaman Lapangan II (PPL II) Laporan ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kegiatan PPL II yang telah dilaksanakan di SLB Negeri 1 Bantul

Sina Dwi Permatasari, Sina Dwi Permatasari (2014) LAPORAN INDIVIDU Praktek Pengalaman Lapangan II (PPL II) Laporan ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kegiatan PPL II yang telah dilaksanakan di SLB Negeri 1 Bantul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SINA DWI PERMATASARI 11103244051.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan yang bertujuan membekali mahasiswa kelak dalam menghadapi dunia kerja. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pketerampilan kepada mahasiswa tentang kompetensi yang harus dimiliki sebagai calon guru. Kegiatan PPL yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta dimulai dari PPL 1 yang bertujuan untuk melakukan observasi dan asesmen terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Dilanjutkan dengan kegiatan PPL 2 yang dilaksanakan mulai tanggal 6 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Dalam kegiatan PPL 2 ini mahasiswa terjun langsung ke lapangan untuk praktik mengajar layaknya seorang guru. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di SLB N 1 Bantul ini menggunakan sistem rolling class mulai dari kelas Taman Kanak Awal sampai dengan kelas dasar 6. Praktik mengajar dilakukan sebanyak 10 kali pertemuan, diantaranya 8 kali pertemuan praktik terbimbing dan 2 kali pertemuan akhir praktik mandiri. Dimana praktik terbimbing mahasiswa masih dapat konsultasi mengenai Rancangan Program Pembelajaran dengan guru kelas/ guru mata pelajaran dan guru pembimbing. Mahasiswa juga masih diberi pengarahan dalam proses pembelajaran. Sedangkan praktik mandiri mahasiswa tidak konsultasi dengan guru kelas/ guru mata pelajaran dan guru pembimbing mengenai Rancangan Program Pembelajaran. Mahasiswa juga tidak diberikan bantuan dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan PPL 2 ini mahasiswa tidak hanya mengampu 1 mata pelajaran. Akan tetapi mengampu berbagai mata pelajaran sesuai dengan jadwal yang ada. Diharapkan kegiatan ini bermanfaat bagi pihak sekolah, khususnya berguna dalam memajukan pendidikan bagi anak-anak tunarungu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:49
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37452

Actions (login required)

View Item View Item