Pengembangan Model Aktivitas Jasmani Berbasis Alam Sekitar untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Siswa Sekolah Dasar

Kusriyanti, Kusriyanti (2016) Pengembangan Model Aktivitas Jasmani Berbasis Alam Sekitar untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kusriyanti-14711251057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan model aktivitas jasmani berbasis alam sekitar untuk meningkatkan kecerdasan naturalis siswa Sekolah Dasar dan (2) mengetahui efektivitas model yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan menjadi tujuh prosedur pengembangan, yang meliputi: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) pengembangan produk awal (draf model), (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap siswa kelas 2 dari SD Jomblangan Banguntapan Bantul yang berjumlah 32 siswa. Uji coba skala besar dilakukan terhadap siswa kelas 1 SD Wiyoro banguntapan Bantul yang berjumlah 30 siswa dan siswa kelas 3 SD Banguntapan Bantul yang berjumlah 31 siswa. Data dikumpulkan melalui: (1) wawancara, (2) observasi model, dan (3) observasi keefektifan model. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu berupa model pembelajaran yang didokumentasikan dalam bentuk VCD dan dilengkapi dalam dengan buku panduan. Model aktivitas jasmani berbasis alam sekitar berisikan empat model permainan, yaitu: (1) tanggap gempa, (2) jelajah alam, (3) pilah sampah, dan (4) meniru hewan. Berdasarkan hasil penilaian dari para ahli, dapat ditarik kesimpulan bahwa model aktivitas jasmani berbasis alam sekitar disusun dengan baik dan efektif, serta dapat meningkatkan kecerdasan naturalis siswa sekolah dasar kelas bawah yang dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan persentase peningkatan sebesar 21,67%, dengan rata-rata nilai siswa sebelum diberikan tindakan sebesar 66,94, dan rata-rata nilai setelah diberi tindakan sebesar 88,61, sehingga model layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran pendidikan jasmani di SD kelas bawah

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aktivitas jasmani, berbasis alam, kecerdasan naturalis, siswa SD
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:47
Last Modified: 17 Jan 2022 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37448

Actions (login required)

View Item View Item