LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMP N SLB N 1 BANTUL Jalan Wates No 147, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul

Friska Prasetyaningrum, Friska Prasetyaningrum (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMP N SLB N 1 BANTUL Jalan Wates No 147, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER FIX.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, II, III.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan kedalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan PPL terdiri dari dua bagian yaitu PPL I dan PPL II. Kegiatan di PPL I meliputi observasi lapangan yang digunakan sebagai landasan pembentukan program kerja dan merupakan awal pengenalan kondisi sekolah, kegiatan PPL II yaitu praktek mengajar terbimbing dan mandiri dimana mahasiswa praktikan dibimbing sebelum proses pembelajaran dalam menyusun perangkat pembelajaran. Proses pembelajaran terdiri dari membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siswa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk, cara evaluasi, dan menutup pelajaran.Dalam kegiatan PPL di SLB N 1 Bantul, mahasiswa praktikan mendapat kesempatan praktik mengajar di jurusan tunarungu kelas TK A, TK B, 1, 2, 3, 4, 5, 6. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa praktikan mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa praktikan dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki. Kegiatan akhir PPL adalah penyusunan laporan yang melampirkan dokumen dokumen yang digunakan selama proses dan evaluasi pembelajaran seperti RPP.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SLB Negeri 1 Bantul dan PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:33
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37441

Actions (login required)

View Item View Item