Pengembangan Kit Praktikum Fisika Berbasis Personal Desk Laboratory System Untuk Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa SMA

Parida, Hidayati (2016) Pengembangan Kit Praktikum Fisika Berbasis Personal Desk Laboratory System Untuk Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hidayati-parida-14726251024.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Kit Praktikum Fisika Berbasis PDLS yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika untuk siswa SMA dan, (2) mengetahui pengaruh Kit Praktikum Fisika Berbasis PDLS terhadap sikap berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development ( R&D ) dengan mengacu pada metode yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Pelaksanaan penelitian terdiri dari beberapa langkah yaitu;(1) studi pendahuluan; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk; (4) validasi ahli dan praktisi; (5) revisi validasi ahli dan praktisi; (6) uji coba terbatas; (7) revisi uji coba terbatas; (8) uji coba luas; (9) revisi uji coba luas dan; (10) desiminasi produk akhir. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 32 siswa kelas X MIA 3 dan Uji coba lebih luas terdiri dari 33 siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan pedoman lembar penilaian produk pengembangan, lembar pengamatan sikap berpikir kritis, tes kemampuan memecahkan masalah, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji Manova dengan taraf signifikansi 0.05 untuk mengetahui perbedaan hasil peningkatan sikap berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah anatara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Kit Praktikum Fisika Berbasis Personal Desk Laboratory System layak digunakan dalam pembelajaran fisika untuk siswa SMA dengan kategori sangat baik. Penggunaan Kit Praktikum Fisika Berbasis PDLS dapat meningkatkan sikap berpikir kritis dengan nilai gain sebesar 0,51 dalam kriteria sedang dan kemampuan memecahkan masalah siswa dengan nilai gain 0,71 dalam kriteria tinggi. Terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan signifikansi 0.000<0.05

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kit Praktikum Fisika, Personal Desk Laboratory System, Sikap Berpikir Kritis, Kemampuan Memecahkan Masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:34
Last Modified: 09 May 2019 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37440

Actions (login required)

View Item View Item