Evaluasi Reflektif Implementasi Kurikulum PAI SMP dalam Kehidupan Siswa di Kabupaten Jombang

Mistiani, Wiwin (2012) Evaluasi Reflektif Implementasi Kurikulum PAI SMP dalam Kehidupan Siswa di Kabupaten Jombang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wiwin-mistiani-10701251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengevaluasi pengamalan nilai-nilai keagamaan yang terdapat dalam kurikulum PAI SMP dalam kehidupan siswa, (2) mengindentifikasi kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam mengamalkan nilai-nilai keagamaan yang terdapat dalam kurikulum PAI dalam kehidupanya, dan (3) mengevaluasi efektifitas kurikulum PAI SMP dalam membentuk akhlak siswa. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan mengunakan model reflektif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan campuran. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP dikabupaten Jombang. Sampel siswa dipilih mengunakan teknik proportional random sampling. Data diperoleh dengan mengunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi (1) deskriptif kualitatif, (2) deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) nilai–nilai keagamaan yang terdapat dalam kurikulum PAI yang terdiri 14 nilai keagamaan yang dijabarkan ke dalam 35 sub indikator, 27 nilai diantaranya telah dilaksanakan siswa dengan baik sedangkan 9 nilai belum dilaksanakan dengan baik. Nilai yang paling banyak diamalkan oleh siswa adalah pelaksanaan zakat, sedangkan yang paling sedikit diamalkan oleh siswa adalah pelaksanaan shalat di awal waktu, (2) kendala- kendala pengamalan nilai keagamaan yang terdapat dalam kurikulum PAI SMP dalam kehidupan siswa secara umum meliputi kurangnya kesadaran siswa untuk mengamalkan nilai-nilai keagamaan, kurangnya pemahaman siswa terhadap pelaksanaan nilai-nilai keagamaan, kurangnya motivasi terhadap pengamalan nilai di lingkungan keluarga, kurangnya dukungan sekolah dalam pengamalan nilai keagamaan yang terdapat dalam kurikulum PAI dan lingkungan teman sebaya yang kurang baik; Usaha yang dilakukan oleh sekolah untuk mengatasi kendala-kendala pengamalan keagamaan antara lain dengan melakukan bimbingan keagamaan baik di kelas maupun di luar kelas, pembiasaaan yang baik di lingkungan sekolah, hukuman bagi siswa yang melangar peraturan sekolah dan melakukan kordinasi dengan orang tua untuk melakukan bimbingan keagamaan di lingkungan keluarga serta pengawasaan pergaulan anak. (3) kurikulum PAI SMP tahun 2006 efektif dalam membentuk akhlak siswa. Efektifitas tersebut dapat dilihat dari segi proses pelaksanaan yang berjalan dengan dengan baik dan hasil pembelajaran terutama pada aspek afektif sebesar 67% berarti baik. Wujud dari efektifitas kurikulum terutama pada aspek hasil dapat dilihat juga dari perubahan sikap siswa yang berangsur baik setelah mereka mengenyam pendidikan di SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi reflektif, implementasi kurikulum PAI
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:36
Last Modified: 04 Oct 2022 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37426

Actions (login required)

View Item View Item