KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA YOGYAKARTA DITINJAU BERDASARKAN JENJANG KELAS

KHAFIDA, WILDA (2016) KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS ASPEK BIOLOGI PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA YOGYAKARTA DITINJAU BERDASARKAN JENJANG KELAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
WILDA KHAFIDA.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas keterampilan proses sains aspek biologi (KKPSAB) pada mata pelajaran IPA siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Yogyakarta ditinjau berdasarkan jenjang kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Penelitian ini terintegrasi dalam penelitian Bambang, dkk (2015) mengenai kreativitas keterampilan proses sains siswa SD di DIY. Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling diperoleh 1658 siswa dengan rincian 553 siswa kelas IV, 534 siswa kelas V, dan 571 siswa kelas VI. Variabel tergayut dalam penelitian ini yaitu KKPSAB pada mata pelajaran IPA siswa SD dan variabel bebas yaitu jenjang kelas, sedangkan variabel pengganggu yaitu aspek gender dan kefavoritan sekolah. Skor KKPSAB diperoleh dari tes yang telah divalidasi dan dibakukan oleh Bambang (2015). Data penunjang menggunakan angket dan wawancara. Analisis data menggunakan pedoman penskoran dan statistika deskriptif untuk merincikan skor/kemampuan testi. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor KKPSAB siswa kelas IV tergolong rendah (31,73 dari total skor 120), siswa kelas V tergolong sedang (43,30 dari total skor 120),dan siswa kelas VI tergolong sedang (47,28 dari total skor 120). Terdapat perbedaan KKPSAB siswa kelas IV, V, dan VI, dimana jenjang kelas yang lebih tinggi memperoleh skor KKPSAB lebih tinggi. Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan adanya keterkaitan aspek gender dan kefavoritan sekolah dengan KKPSAB siswa berdasarkan jenjang kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jenjang Kelas, Keterampilan Proses Sains, Kreativitas
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 25 Jul 2016 08:20
Last Modified: 30 Jan 2019 09:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37423

Actions (login required)

View Item View Item