Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two Berbasis Local Wisdom Pacitan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Nilai Karakter Siswa SMA

Sukma, Arief Radiant (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two Berbasis Local Wisdom Pacitan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Nilai Karakter Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arief-radiant-sukma-14726251040.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran aktif tipe the power of two berbasis local wisdom Pacitan yang layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan nilai karakter siswa, (2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep fisika siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran aktif tipe the power of two berbasis local wisdom Pacitan, (3) mengetahui peningkatan nilai karakter siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran aktif tipe the power of two berbasis local wisdom Pacitan, dan (4) mengetahui efektivitas penerapan perangkat pembelajaran aktif tipe the power of two berbasis local wisdom Pacitan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan nilai karakter siswa. Penelitian menggunakan metode R&D dengan model 4D yang meliputi tahap (1) define (analisis kebutuhan pembelajaran), (2) design (perancangan draft produk), (3) develop (penilaian ahli dan praktisi, uji coba produk, revisi produk), dan (4) disseminate (penyebarluasan produk akhir). Produk perangkat pembelajaran aktif tipe the power of two berbasis local wisdom Pacitan yang dikembangkan ini terdiri dari RPP, LKS, handout dan tes pemahaman konsep fisika. Subjek uji coba terbatas terdiri atas 30 siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 2 Pacitan. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdiri atas 30 siswa kelas XI MIPA 2 dan pada kelas kontrol terdiri atas 30 siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Pacitan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar penilaian perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes pemahaman konsep fisika, angket respon siswa terhadap pembelajaran, dan angket nilai karakter siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis N-Gain dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan perangkat pembelajaran aktif tipe the power of two berbasis local wisdom Pacitan yang: (1) layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan nilai karakter siswa dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan praktisi serta respon siswa, (2) dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika dengan kategori tinggi pada uji coba lapangan (3) dapat meningkatkan nilai karakter rasa ingin tahu, mandiri, komunikatif dan tanggung jawab pada siswa dengan kategori sedang pada uji coba lapangan dan (4) efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan nilai karakter siswa (rasa ingin tahu, mandiri, komunikatif, tanggung jawab) secara signifikan berdasarkan hasil uji MANOVA antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai sig.0,00 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran aktif tipe the power of two berbasis local wisdom, pemahaman konsep fisika, nilai karakter
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:03
Last Modified: 09 May 2019 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37413

Actions (login required)

View Item View Item