LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi : SMA Negeri 2 Klaten Jl. Angsana, Trunuh, Klaten Selatan Periode 1 Juli – 17 September 2014

Munasik, Munasik (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi : SMA Negeri 2 Klaten Jl. Angsana, Trunuh, Klaten Selatan Periode 1 Juli – 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Munasik.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kuliah Kerja Nyata – Praktik Pengalaman Lapangan (KKN-PPL) terpadu merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Dengan KKN-PPL terpadu mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima ( give and take ) berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik professional. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Selain itu juga memacu pengembagan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri serta meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan pihak sekolah. Kegiatan PPL di SMA Negeri 2 Klaaten, merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Ada beberapa hal yang dilakukan mahasiswa praktikan dalam pelaksanaan program praktek antara lain tahap persiapan, praktek mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan Micro teaching, observasi kegiatan pembelajaran di kelas dan menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pada tahap praktek mengajar, yang dilakukan mahasiswa praktikan antara lain menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing dan pembuatan media. Praktek mengajar dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai 17 September 2014. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 06:42
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37401

Actions (login required)

View Item View Item