Peningkatan Keaktifan, Kreativitas dan Hasil Belajar Aerodinamika Menggunakan Metode Discovery Learning Berbantu LKS di SMK Bina Dhirgantara

Prasetya, Tri Adi (2016) Peningkatan Keaktifan, Kreativitas dan Hasil Belajar Aerodinamika Menggunakan Metode Discovery Learning Berbantu LKS di SMK Bina Dhirgantara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tri-adi-prasetyo-14726251032.swf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah meningkatkan (1) keaktifan, (2) kreativitas, dan (3) hasil belajar siswa kelas XI AP3 SMK Bina Dhirgantara pada mata pelajaran Aerodinamika materi flight control surface dengan menggunakan metode discovery learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SMK Bina Dirgantara Karanganyar. Subjek penelitian adalah kelas XI AP3. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengukur aktivitas siswa, tes kreativitas verbal berupa soal uraian untuk mengukur kreativitas siswa, dan tes prestasi berupa soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Data penelitian dianalisis secara diskriptif. Data dari hasil obeservasi dan tes di setiap siklus menjadi dasar perbaikan pada siklus berikutnya Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Metode discovery learning dapat meningkatkan keaktifan siswa pada proses pembelajaran Aerodinamika materi flight control surface. Siswa yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif pada siklus I sebanyak 63% dan pada siklus II meningkat menjadi 97%. (2) Metode discovery learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada proses pembelajaran Aerodinamika materi flight control surface. Kreativitas siswa dalam kategori sangat tinggi dan tinggi pada siklus I mencapai 69% dan pada siklus II meningkat menjadi 87%. (3) Metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran Aerodinamika materi flight control surface. Ketuntasan belajar pada sikus I mencapai 69% dan meningkat pada siklus II menjadi 87%

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, kreativitas siswa, discovery learning, penelitian tindakan kelas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2016 06:50
Last Modified: 09 May 2019 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37400

Actions (login required)

View Item View Item