LAPORAN PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 KLATEN

JIAN PRAMASTA, JIAN PRAMASTA (2014) LAPORAN PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
COVER.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (47kB)

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan terpadu dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Penyelengaraan program PPL secara terpadu bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan lain adalah memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolaan, dan pendanaan yang efisien dan efektif. Program yang dikembangkan mahasiswa dalam praktik PPL disesuaikan dengan program sekolah sehingga dapat mendukung program-program yang ada di sekolah serta masyarakat. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMA Negeri 2 Klaten yang dilaksanakanmulaitanggal1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. SMA Negeri 2Klaten. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan PPL, praktikan mengajar beberapa mata pelajaran sesuai bidangnya masing-masing.Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing, dosen pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran antara lain silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, pembuatan media pembelajan, penugasan dan evaluasi. Dalamkegiatan PPL, mahasiswamempraktekkanberbagaimetodedanstrategipembelajaranantara lain ceramah, diskusi, games,dll Praktik mengajar dilaksanakan pada bulan juli sampai dengan September 2014. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal sebanyak 8 kali dalam praktiknyadengan alokasi waktu 2 x45 menit setiap pertemuan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa praktikan mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa praktikan telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.Mahasiswajugamendapatpelajarancarabersosialisasibaikkepadasiswa, guru, danseluruhkaryawan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 06:39
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37399

Actions (login required)

View Item View Item