LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 KLATEN Jl. Angsana, Trunuh, Klaten Selatan 1 Juli s/d 17 September 2014

Arief Surya Pradipta, Arief Surya Pradipta (2014) LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 2 KLATEN Jl. Angsana, Trunuh, Klaten Selatan 1 Juli s/d 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL ARIEF.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. PPL di sekolah bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun manajerial kelembagaan. Selain itu juga memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri serta meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan pihak sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA N 2 Klaten dilaksanakan sejak tanggal 1 Juli sampai 17 September 2014. Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi atas beberapa tahapan yaitu persiapan, mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Dalam kegiatan praktik mengajar di Sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing untuk mengatasi kesulitan dan permasalahan dalam pelaksanaan PPL dengan tahap konsultasi untuk menyamakan persepsi tentang materi yang diajarkan dan untuk mendapat masukan, saran dan bimbingan dalam pelaksanaan praktek mengajar untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 06:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37393

Actions (login required)

View Item View Item