TINGKAT USAHA MENGATASI KEJENUHAN LATIHAN PADA ATLET ATLETIK KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) DAN ATLET PUSAT PEMBINAAN DAN LATIHAN OLAHRAGA PELAJAR (PPLP) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Muhamad Bambang Hermanto (2016) TINGKAT USAHA MENGATASI KEJENUHAN LATIHAN PADA ATLET ATLETIK KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) DAN ATLET PUSAT PEMBINAAN DAN LATIHAN OLAHRAGA PELAJAR (PPLP) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Muhamad Bambang Hermanto.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat usaha mengatasi kejenuhan latihan pada atlet atletik Kelas Khusus Olahraga (KKO) dan atlet Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan survei, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi yang digunakan atlet atletik Kelas Khusus Olahraga (KKO) dan Atlet Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Daerah Istimewa Yogyakarta. Kelas khusus olahraga yang dijadikan subyek penelitian yaitu SMP N 2 Tempel, SMP N 2 Galur, SMP N 13 Yogyakarta, SMP N 1 Playen, SMA N 1 Sewon, dan atlet Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Daerah Istimewa Yogyakarta. Keseluruhan subyek penelitian berjumlah 75 atlet. Pengambilan anggota sampel dari populasinya dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata (tingkatan) yang ada dalam populasi tersebut. Cara ini dilakukan jika anggota populasi dianggap homogen (memiliki karakter yang sama/hampir sama). Sehingga penelitian ini dinamakan simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Tingkat usaha mengatasi kejenuhan latihan pada atlet Atletik Kelas Khusus Olahraga (KKO) dan Atlet Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase usaha sebesar 78, 98%. (2) Ditinjau dari faktor intrinsik dan ekstrinsik tingkat usaha mengatasi kejenuhan latihan pada atlet Atletik Kelas Khusus Olahraga (KKO) dan Atlet Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Daerah Istimewa Yogyakarta menunjukkan kontribusi sedang dari faktor intrinsik dengan persentase sebesar 44, 27% dan kontribusi rendah dari faktor ekstrinsik dengan persentase sebesar 34,71%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: usaha, kejenuhan, latihan atletik, atlet KKO, atlet PPLP
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:03
Last Modified: 30 Jan 2019 09:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37380

Actions (login required)

View Item View Item