IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ALTERNATIF SEKOLAH DASAR DI PKBM SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) BANTUL

Ridwan Kurniawan, Ridwan (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ALTERNATIF SEKOLAH DASAR DI PKBM SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ridwan Kurniawan_12102241049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan pendidikan alternatif sekolah dasar di PKBM Sanggar Anak Alam (SALAM), (2) Implementasi pendidikan alternatif sekolah dasar di PKBM Sanggar Anak Alam (SALAM), (3) Hasil pendidikan alternatif sekolah dasar di PKBM Sanggar Anak Alam (SALAM), dan (4) Faktor pendukung dan penghambat pendidikan alternatif sekolah dasar di PKBM Sanggar Anak Alam (SALAM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan penelitian ini adalah pengelola SALAM, fasilitator SALAM, dan orang tua murid SALAM. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan metode interaktif yang meliputi: reduksi, display data dan penarikan kesimpulan. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Perencanaan dilakukan berdasarkan kurikulum dengan merumuskan tujuan, menjabarkan isi kurikulum, metode pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. (2) Implementasi proses pembelajaranya dilakukan dengan menggunakan metode riset, menggunakan kesepakatan bersama dalam membuat aturan belajar, memanfaatkan komunitas belajar (fasilitator, pengelola, orang tua peserta didik, masyarakat, dan peserta didik) untuk mengawal proses pembelajaran, dan menggunakan alam lingkungan sebagai media pembelajaran. Sedangkan proses evaluasi pembelajaran dibagi menjadi evaluasi hasil belajar (kenaikan kelas dan kelulusan) untuk melihat perkembangan kemampuan peserta didik dibidang akademik maupun non akademik dan evaluasi proses belajar dilakukan untuk melihat kinerja fasilitator selama memfasilitasi proses belajar peserta didik. (3) Hasil berupa prestasi lembaga dan perkembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik. (4) faktor penghambat adalah di bidang keuangan dan pemahaman konsep belajar oleh orang tua. Sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya komunitas SALAM. Kata kunci: Pendidikan Alternatif, Sanggar Anak Alam, Sekolah Alternatif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 25 Jul 2016 05:39
Last Modified: 30 Jan 2019 09:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37377

Actions (login required)

View Item View Item