PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TERHADAP USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN

Dwi Indra Kusuma (2016) PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TERHADAP USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Dwi Indra Kusuma (11604221029).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran Guru Penjasorkes terhadap usaha kesehatan sekolah terindikasi belum sesuai dengan yang diharapkan dilihat dari pelaksanaan UKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terhadap usaha kesehatan sekolah di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survey. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Dasar se-Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen yang berjumlah 36 guru. Instrumen yang digunakan berupa angket dan untuk menganalisis data digunakan statistik deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui usaha kesehatan sekolah di Sekolah Dasar Negeri seKecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen berada pada kategori “tidak berperan” sebesar 3% (1 guru), kategori “kurang berperan” sebesar 31% (11 guru), kategori “cukup berperan” sebesar 33%(12 guru)kategori “berperan” sebesar 25%(9 guru), kategori “sangat berperan” sebesar 8% (3 guru).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peran, guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, UKS, Sekolah Dasar se-Kecamatan Klirong
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:03
Last Modified: 30 Jan 2019 09:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37376

Actions (login required)

View Item View Item