PELAKSANAAN PROGRAM DOKTER KECIL DALAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PUNDONG KABUPATEN BANTUL TAHUN 2016

Efi Maqfiroh (2016) PELAKSANAAN PROGRAM DOKTER KECIL DALAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PUNDONG KABUPATEN BANTUL TAHUN 2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Efi Maqfiroh.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Dokter Kecil dalam Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul Tahun 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program Dokter Kecil dalam Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul Tahun 2016. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pembina UKS di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul Tahun 2016 yaitu sebanyak 20 responden, namun pada kenyataanya terdapat 2 sekolah yang digabungkan dengan sekolah yang lain, sehingga hanya terdapat 18 responden dari 20 responden yang direncanakan. Semua anggota populasi dijadikan subyek penelitian, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan angket. Variabel dalam penelitian ini yaitu Pelaksanaan Program Dokter Kecil dalam Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul Tahun 2016 yang meliputi 1) Pendidikan Kesehatan, 2) Pelayanan Kesehatan, 3) Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat, 4) Promosi Kesehatan, 5) Penyelenggaraan Kesehatan Sekolah. Metode yang digunakan adalah dengan metode survei dan teknik pengambilan data menggunakan angket. Data yang diperoleh di analisis menggunakan persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan Pelaksanaan Program Dokter Kecil dalam Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul Tahun 2016 terdapat 10 sekolah (56,47%) dalam kategori terlaksana, 4 sekolah (20,45%) dalam kategori sedang terlaksana, 2 sekolah (13,77%) dalam kategori akan terlaksana, 2 sekolah (9,32%) dalam kategori tidak terlaksana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Dokter Kecil, Usaha Kesehatan Sekolah, Pundong
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:03
Last Modified: 30 Jan 2019 09:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37372

Actions (login required)

View Item View Item