Pembinaan Karakter melalui Keteladanan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dan Implementasi Budaya Sekolah di Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta

Prasetyo, Danang (2016) Pembinaan Karakter melalui Keteladanan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dan Implementasi Budaya Sekolah di Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-danang-prasetyo-14730251023.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pembinaan karakter melalui: (1) keteladanan guru Pendidikan Kewarganegaraan; dan (2) implementasi budaya sekolah di Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan dan Kepala Sekolah di Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta. Objek penelitian adalah budaya sekolah dan dokumen sekolah yang berkaitan. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, dan menyusun kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta melakukan pembinaan karakter melalui keteladanan berupa tutur kata, sifat, sikap, dan penampilan yang sesuai dengan karakter religius, jujur, disiplin, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, dan peduli sosial. (2) Pembinaan karakter melalui implementasi budaya sekolah dengan menerapkan: (a) budaya Islami, pembinaan karakter religius melalui ikrar Al Azhar, tadarus, salat berjamaah, keputrian, one day one ayat, malam bina iman dan takwa, amaliyah ramadan, dan semarak muharram; (b) budaya bangga berindonesia, pembinaan karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air melalui upacara bendera, menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu religi, lagu daerah, peringatan Hari Kartini, dan festival budaya Jawa; (c) budaya akademis, pembinaan karakter gemar membaca dan rasa ingin tahu melalui wakaf buku, dialog spontan, mentoring by teacher, bulan bahasa, everyday English practice, field&edu-trip, dan masa orientasi murid; (d) budaya peduli umat, pembinaan karakter toleransi, bersahabat, dan peduli sosial melalui one day one thousand, Jumat beramal, kurban, zakat, dan gerakan wakaf seribu buku; (e) budaya peduli lingkungan, pembinaan karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab melalui green campus, lihat sampah langsung ambil, Hari Bumi, dan pesantren alam; (f) budaya ukhuwah, pembinaan karakter toleransi dan bersahabat melalui 5S (semangat, senyum, salam, sapa, sopan), morning meeting, parent’s meeting, dan halal bihalal; (g) budaya demokratis, pembinaan karakter demokratis, dan kerja sama melalui kegiatan organisasi siswa intra sekolah, latihan dasar kepemimpinan, dan musyawarah kelas; dan (h) budaya disiplin, pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui tata tertib sekolah, patroli keamanan sekolah, role of class, kontrak belajar, reward and punishment

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembinaan karakter, keteladanan guru, budaya sekolah
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2016 04:56
Last Modified: 09 May 2019 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37369

Actions (login required)

View Item View Item