Efektivitas Pengelolaan Pendidikan dan Pelatihan Karyawan di Lembaga Pendidikan Perkebunan Yogyakarta

Nurhikmah, Ima (2016) Efektivitas Pengelolaan Pendidikan dan Pelatihan Karyawan di Lembaga Pendidikan Perkebunan Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ima-nurhikmah-14703251030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat efektivitas pengelolaan pendidikan dan pelatihan karyawan, mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam pengelolaan pendidikan dan pelatihan karyawan, dan solusi dalam mengatasi kendala pengelolaan pendidikan dan pelatihan karyawan di LPP Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluasi pendekatan campuran kuantitatif dan kualitatif dengan desain explanatory. Penelitian evaluasi ini menggunakan model CIPPO. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan pertimbangan ahli (expert judgement), dan uji empirik dengan perhitungan korelasi product moment. Sedangkan untuk data kualitatif dilakukan dengan triangulasi dan member check. Selanjutnya analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dan data kualitatif dengan analisis interaktif model Milles & Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengelolaan pendidikan dan pelatihan karyawan di LPP Yogyakarta, termasuk kriteria sangat efektif pada komponen evaluasi dan lulusan; kriteria efektif pada komponen perencanaan dan pelaksanaan; kriteria cukup efektif pada komponen outcomes; dan kriteria kurang efektif pada komponen need assessment. Adapun secara keseluruhan pengelolaan diklat karyawan di LPP Yogyakarta masuk kriteria efektif. Kendala yang ditemui dalam pengelolaan diklat karyawan di LPP Yogyakarta antara lain a) Penilaian kebutuhan belum menggambarkan kebutuhan dan kondisi peserta, b) Kondisi perekonomian dan bisnis mempengaruhi jumlah peserta dan dana operasional LPP, c) Kurikulum yang ada kurang bisa diadaptasikan dengan perubahan, dan d) Evaluasi pembelajaran yang ada saat ini belum mencapai level yang diharapkan. Solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi kendala pengelolaan diklat karyawan di LPP Yogyakarta antara lain a) Penerapan self assessment peserta dengan metode yang lebih baik, b) Peningkatkan peran LPP, c) Pengembangan metode pembelajaran e-learning, d) Pengembangan dan perbaikan kurikulum, dan e) Pengembangan metode evaluasi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendidikan dan Pelatihan, Manajemen Diklat, Evaluasi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2016 04:33
Last Modified: 16 Dec 2022 06:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37344

Actions (login required)

View Item View Item