LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014/ 2015 LOKASI MAN YOGYAKARTA II

IRHAM NISAUR ROHIM, IRHAM NISAUR ROHIM (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014/ 2015 LOKASI MAN YOGYAKARTA II. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IRHAM NISAUR ROHIM_11304241018.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

MAN Yogyakarta II, yang beralamat di Jalan KHA Dahlan No 130, Yogyakarta, merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi PPL pada tahun 2014 ini. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Berdasarkan hasil observasi kondisi yang telah dilaksanakan, mahasiswa PPL dapat merumuskan dan merancang berbagai program yang akan dilaksanakan selama kegiatan PPL berlangsung. Adapun program yang telah praktikan laksanakan di antaranya pengelolaan greenhouse, taman dan tanaman hidroponik sekolah, penyusunan perangkat administrasi guru, dan pengadaan buku teks Mikrobiologi untuk kelas X SMA/MA. Selain itu tentunya juga praktik mengajar di kelas yaitu di kelas XI IPA dan kelas X MIA sesuai dengan arahan dari guru pembimbing ataupun Dosen Pembimbing Lapangan Praktik Pengalaman Lapangan yang telah memberikan bimbingan pada saat microteaching. Program yang telah direncanakan berhasil dilaksanakan dengan baik, meskipun ada beberapa program yang tidak terlaksana terkait dengan kondisi sekolah, namun program yang tidak terlaksana tersebut diganti dengan programprogram yang telah disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Ada banyak indikator yang menunjukan keberhasilan pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 di MAN Yogyakarta II. Berbagai keberhasilan ini dikarenakan koordinasi yang baik antara sekolah dengan mahasiswa PPL UNY 2014 serta antarmahasiswa PPL UNY 2014 sehingga dapat mengantarkan keterlaksanaan seluruh program PPL UNY tahun 2014 di MAN Yogyakarta II.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 04:17
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37341

Actions (login required)

View Item View Item