LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI MAN YOGYAKARTA II

Feny Puspitaningsih, Feny Puspitaningsih (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI MAN YOGYAKARTA II. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FENY PUSPITANINGSIH_11302241043.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa keterampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tujuan yang lain adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Mahasiswa juga dapat belajar dari lembaga sekolah sekaligus dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna pengembangan lembaga pendidikan yang bersangkutan. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman faktual yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang, dalam kaitannya sebagai tenaga pendidik. Pelaksanaan PPL digabung dengan pelaksanaan KKN yang dilaksanakan pada semester khusus yang dimulai tanggal 1 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Pelaksanaan program PPL yang di MAN Yogyakarta II yang beralamat di Ngampilan Yogyakarta ini telah terkoordinir dengan baik, sehingga pelaksanaan praktik pengajaran dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Melalui kegiatan PPL, praktikan telah melaksanakan pertama kali proses pembelajaran di kelas XI. Sebelum praktik mengajar, praktikan harus membuat persiapan mengajar, seperti membuat media, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta mempelajari materi yang akan diajarkan kepada siswa melalui proses pembelajaran. Hambatan yang dirasakan paling sulit diatasi adalah menghadapi siswa yang ramai saat proses pembelajaran berlangsung. Untuk itu, praktikan selalu berusaha mengingatkan siswa yang ramai dan berusaha mengeraskan suara agar siswa lebih memperhatikan. Selain itu minat belajar siswa cukup rendah terutama untu jam-jam terakhir. Evaluasi yang digunakan adalah dengan mengadakan ulangan harian dan refleksi proses pembelajaran dengan mengumpulkan pesan, kesan, kritik dan saran dari siswa untuk praktikan. Solusi untuk maslah tersebut adalah dengan mengkondisikan siswa agar tetap tenang selama proses pembelajaran dengan memberikan demonstrasi sederhana. Selain itu siswa juga diminta maju untuk mengeksplor dirinya di depan kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 04:15
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37339

Actions (login required)

View Item View Item