LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA II

AURITA FINA NURAZIZAH, AURITA FINA NURAZIZAH (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA II. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AURITA FINA NURAZIZAH.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Masiswa Jurusan kependidikan Universitas Negri Yogyakarta wajib untuk mengikuti kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Pelaksanaan PPL tersebut sangat bermanfaat bagi mahasiswa yaitu sebagai bekal, dan pengalaman untuk menjadi seorang yang berprofesi sebagai guru yang baik. Tujuan dari pelaksanaan PPL antara lain, memberikan pengetahuan serta pengalaman secra nyata di lapangan yaitu lingkungan sekolah. Artinya mahasiswa dapat mengetahui dan melaksanakan kegiatan serta pelaksanaan proses pembelajaran, serta kegiatan lain yang berkaitan dengan kegiatan kependidikan yang berlangsung di lingkungan sekolah. Di sekolah mahasiswa mendapatkan bekal bagaimanaproses untuk menjadi seorang calon guru profesional. Yaitu dengan mengembangkan diri yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan kependidikan di sekolah. Pengalaman yang telah dilaksanakan dari praktek secara nyata di sekolah menjadikan mahasiswa mengetahui bagaimana kewajiban, tugas, tanggung jawab serta hambatan dan kesulitan untuk menjadi guru yang profesional kelak. Kegiatan PPL telah dilaksanakan di MAN Yogyakarta II selama dua setengah bulan mulai tanggal 30 Juni sampai 17 September 2014. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan profesional yang terdiri dari observasi pembelajaran di kelas yang dilaksankan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan format penilaian. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 13 Agustus 2014 sampai 13 September 2014, dengan mata pelajaran geografi dan mendapatkan dua kelas pada kelas X yaitu kelas X MIA 2 dan X IIS 1. Jumlah jam mengajar pada setiap minggunya yaitu 9 jam mata pelajaran. 3 jam di kelas X MIA 2 (Rabu jam ke 1-2 dan Kamis jam ke 5) dan 3 jam di X IIS 1 (Kamis jam ke 7 dan Sabtu jam ke 5-6). Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan. Hambatan yang ditemui oleh praktikan dalam melaksanakan PPL adalah: (1) Dari praktikan, penguasaan kelas yang kadang masih kurang tepat, (2) pembagian waktu dalam mengajar kurang efektif, (3) dari siswa, terdapat beberapa siswa yang terlalu ramai sehingga dapat menganggu siswa lainnya dan kegiatan pembelajaran dikelas. Saran untuk keberhasilan PPL untuk tahun berikutnya dari praktikan yaitu agar pelaksanaan kegiatan PPL dan KKN dipisah. Pelaksanaan untuk tahun 2014 saya rasa masih kurang maksimal dalam pengaturan jadwal pelaksanaan KKN PPL. Pelaksanaan KKN yang digabungkan dan bersamaan dengan pelaksanaanahasiswa dari jam PPL sangat menyita waktu dan menguras tenaga. Mahasiswa harus berada di ssekolah jam 07.00 sampai jam 14.45. Kemudian sorenya sampai malam sering diadakan kegiatan di masyarakat terkait kegitan KKN. Dengan pelaksanaan KKN PPL yang bersamaan menjadikan keduanya tidak efektif dan kurang fokus dalam pelaksanaannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 04:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37336

Actions (login required)

View Item View Item