LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 SMA N 7 YOGYAKARTA

Fajar Nugroho, Fajar Nugroho (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 SMA N 7 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN_INDIVIDU_PPL_Fajar.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan dan mengaplikasikan kemampuan yang dimiliki dalam kehidupan nyata di sekolah. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan tenaga kependidikan profesional yang siap memasuki dunia pendidikan sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang masih berlaku untuk kelas XII, serta menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan atau calon guru BK yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional, mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam praktek keguruan dan atau lembaga kependidikan, serta mengkaji dan mengembangkan praktek keguruan dan praktek kependidikan.Kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik. Selama memberikan layanan dan melakukan program kerja bimbingan dan konseling, praktikan tidak mengalami hambatan yang sulit, hanya saat awal pertemuan dikelas memang sedikit agak canggung karena baru pertama kali tampil dikelas, namun setelah masuk untuk kedua, ketiga dan seterusnya praktikan sudah mampu mengendalikan kondisi. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan PPL ini adalah praktikan dapat belajar untuk mengajar, memberikan layanan dengan baik diperlukan penguasaan materi layanan dan pemilihan metode yang tepat sehingga materi yang disampaikan dapat diterima oleh siswa. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang sebelum memberikan layanan klasikal dan melayani siswa. Dari kegiatan ini juga dapat mengetahui bahwa tugas guru Bimbingan dan Konseling tidak hanya mengisi layanan diluar kelas namun dalam kelasserta ada juga tugas administratif siswa dan layanan lainnya untuk siswa.Setelah praktikan melaksanakan praktik layanan dalam kelas dan layanan adsministratif Bimbingan dan konseling, guru pembimbing selalu memberikan komentar, masukan, dan saran baik terkait dengan penampilan dikelas, penguasaan peserta didik, maupun tentang ranah kerja bimbingan dan konseling dalam melakukan layanan pada siswa. Hal ini dapat dilakukan karena guru pembimbing selalu mendampingi dan memberi pengawasan kepada praktikan ketika disekolah. Selain dari guru pembimbing, praktikan juga mendapatkan umpan balik dari teman sesama praktikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 04:10
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37334

Actions (login required)

View Item View Item