LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN II PENDIDIKAN LUAR BIASA DI SD NEGERI BANGUNREJO II YOGYAKARTA

RIZKA NURRAHMAWATI, RIZKA NURRAHMAWATI (2014) LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN II PENDIDIKAN LUAR BIASA DI SD NEGERI BANGUNREJO II YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RIZKA NURRAHMAWATI.pdf

Download (740kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan UNY 2014 dimulai pada tanggal 2 Juli 2014 sampai 16 September 2014. Lokasi PPL II UNY 2014 berada di SD N Bangunrejo 2 yang merupakan salah satu sekolah dasar Inklusi yang beralamat di RW 13 Bangunrejo, Kricak, Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Data yang diperoleh mengenai jumlah tenaga pendidik dan peserta didik yakni jumlah kesuluruhan tenaga pendidik adalah 15 pendidik yang terdiri dari Kepala Sekolah, 6 tenaga pendidik PNS, dan 8 tenaga pendidik honorer. Jumlah keseluruhan siswa 121 orang, yang sebagian siswanya adalah Anak Berkebutuhan Khusus dengan jumlah 51 siswa yang terdiri dari 2 siswa Tunadaksa, 26 siswa Tunagrahita, 1 siswa Autis, 20 Lamban Belajar, dan 2 siswa Kesulitan Belajar. Adapun kegiatan yang diprogramkan terdiri dari enam program, yaitu (1) observasi lingkungan sekolah baik fisik maupun non fisik, (2) re-assessment subjek yang akan ditangani dengan melakukan asesmen ulang atau pengecekan kembali kemampuan peserta didik yang sudah diobservasi pada kegiatan PPL I, (3) observasi proses pembelajaran di kelas yang bertujuan untuk melihat proses belajar mengajar dan interaksi belajar antara guru-siswa, siswa-guru, dan siswa-siswa khususnya siswa yang diamati. (4) kegiatan pull out yakni kegiatan pembelajaran secara individual dengan subjek atau peserta didik di tarik dari kelas dan belajar di perpustakaan, (5) pendampingan pembelajaran di kelas yakni mendampingi dan membantu kegiatan belajar siswa yang ditangani saat berada di dalam kelas, dan (5) pendampingan atau remedial sepulang sekolah yang bertujuan untuk mengulang kembali pelajaran yang telah dipelajari saat belajar di kelas dengan metode dan materi yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik, agar kemampuan siswa dapat berkembang dengan optimal. Secara umum pelaksanaan program PPL II yang dilaksanakan di SD Negeri Bangunrejo 2 berjalan dengan baik dan lancar dengan kerjasama dari beberapa pihak yakni Kepala Sekolah, Guru Kelas, Guru Pendamping Khusus dan 2 siswa yang menjadi subjek. Hal tersebut didukung dengan kesesuaian antara ke kebutuhan sekolah dan kebutuhuan peserta didik yang menjadi subjek bagi mahasiswa dengan program yang dijalankan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Program PPL, Hasil PPL.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 03:48
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37321

Actions (login required)

View Item View Item