Kirana Sentani Putri, Kirana Sentani Putri (2014) LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN II PENDIDIKAN LUAR BIASA DI SD NEGERI BANGUNREJO II YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
KIRANA SENTANI PUTRI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan PPL bertujuan untuk membantu mempersiapkan calon pendidik yang memiliki beberapa kompetensi untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan. Kegiatan PPL yang dilakukan di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta, berlangsung dari tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014. SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta merupakan sekolah inklusi yang memiliki siswa berkebutuhan khusus dengan berbagai jenis kekhususan di antaranya adalah siswa dengan berkesulitan belajar. Keberadaan ini menunjuk mahasiswa Pendidikan Luar Biasa kekhususan Anak Berkesulitan Belajar untuk melakukan praktik mengajar di SD N Bangunrejo 2. Kegiatan PPL meliputi kegiatan observasi, re-asesmen, penyusunan perangkat pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, pengajaran individual, pendampingan di kelas, kegiatan evaluasi pembelajaran, bimbingan dengan guru, bimbingan dengan DPL, dan penyusunan laporan akhir. Kegiatan tersebut merupakan agenda sistematis yang berkelanjutan dalam menangani siswa secara khusus. Observasi dilakukan saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Re-asesmen dilaksanakan guna mengetahui kembali tahap kemampuan siswa. Perangkat pembelajaran yang disusun meliputi program pembelajaran individual, rancangan pembelajaran individual, dan task analysis. Media pembelajaran berupa media kartu kata dan papan kontrak belajar. Pengajaran dilakukan dalam dua jenis yakni pengajaran individual di ruang sumber atau pendampingan di ruang kelas. Kegiatan evaluasi dilaksanakan pada akhir pelaksanaan program. Selama PPL di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta berlangsung, kelas yang didampingi adalah kelas II pada umumnya dan siswa Nantya dan Rachmat pada khususnya. Kedua siswa tersebut secara khusus ditangani dalam pelajaran bahasa khususnya membaca dan menulis.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, UNY, SD N Bangunrejo 2. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 03:44 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37317 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |