LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

Riska Anintyawati, Riska Anintyawati (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_RISKAANINTYAWATI(11416244016).pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan untuk memberikan pengalaman dalam proses pembelajaran yang utuh dan terpadu, melatih dan mengembangkan berbagai kompetensi yang dipersyaratkan bagi seorang guru/tenaga kependidikan.Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan tenaga kependidikan profesional yang siap memasuki dunia pendidikan, mempersiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional, mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam praktik keguruan dan kependidikan. Kegiatan yang dilakukan praktikan dalam PPL meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, media pembelajaran, menyusun evaluasi pembelajaran dan penilaian, praktik mengajar terbimbing dan mandiri, mempelajari administrasi guru (piket guru, pembukuan penilaian siswa), mempelajari manajemen sekolah (kepala sekolah, tata usaha, kesiswaan, kurikulum) serta membantu program yang diselenggarakan sekolah yang tidak termasuk program kerja yang dibentuk oleh tim PPL. Sedang program kerja individu meliputi: pengadaan media pembelajaran Interaktif IPS, pengadaan CD yang berisi contoh-contoh metode pembelajaran IPS dan pengadaan CD yang berisi video yang mendukung materi pembelajaran IPS. Dalam kegiatan PPL periode 1 Juli - 22 September 2014, praktikan mendapatkan kesempatan PPL di SMPN 9 Yogyakarta. Praktikan mengajar di kelas VIII B, VIII E, dan VIII F. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, mengajar, metode dan media
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 03:34
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37309

Actions (login required)

View Item View Item